Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Petugas Pendaftaran Rawat Jalan di Rumah Sakit

Astuti, Silvia and Rosyidah, Rosyidah and Rulyandari, Rochana Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Petugas Pendaftaran Rawat Jalan di Rumah Sakit. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Petugas Pendaftaran Rawat Jalan di Rumah Sakit.pdf] Text
HASIL CEK_Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Petugas Pendaftaran Rawat Jalan di Rumah Sakit.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang: Kepuasan pasien adalah suatu standar penilaian kualitas pelayanan baik barang maupun jasa yang menjadi tolak ukur dan harus diperhatikan oleh suatu instansi dalam memberikan pelayanan. Di rumah sakit sangat perlu dilakukan survey kepuasan pasien, hal ini menjadi penting dan perlu dilakukan bersama dengan pengukuran dimensi mutu pelayanan kesehatan.
Tujuan: Studi ini bertujuan untuk mengetahui penelitian kepuasan pasien terhadap pelayanan petugas pendaftaran rawat jalan di rumah sakit.
Metode: Metode yang digunakan dalam penelusuran sumber data pada Narrative Literature Review terhadap sepuluh rujukan yang terindeks pada database Google Scholar, Garuda, dan Sinta dengan rentang terbit dari 2017 hingga 2023.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian kepuasan pasien terhadap pelayanan petugas pendaftaran rawat jalan di rumah sakit pada database Google Scholar, Garuda, dan Sinta merupakan penelitian yang banyak diteliti di berbagai metode. Sesuai tema/topik penelitian kepuasan pasien terhadap pelayanan petugas pendaftaran rawat jalan di rumah sakit. Adapun analisis metode penelitian, kepuasan pasien terhadap pelayanan petugas pendaftaran rawat jalan di rumah sakit banyak diteliti menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Sepuluh rujukan yang dianalisis memiliki hasil yang beragam sesuai metode penelitian dan teori yang digunakan.
Kesimpulan: Semua hasil penelitian pada sepuluh rujukan menyatakan bahwa kepuasan pasien di rumah sakit kebanyakan sudah memenuhi standar capaian yang ada, akan tetapi masih ada hal yang tetap perlu diperhatikan bahkan diperbaiki.
Kata Kunci: Kepuasan Pasien; Rumah Sakit; Petugas Pendaftaran; Rawat Jalan

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: M.Kes Rosyidah Rosyidah
Date Deposited: 10 Jan 2024 06:19
Last Modified: 10 Jan 2024 06:19
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/53833

Actions (login required)

View Item View Item