Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan

Santosa, Achadi Budi (2022) Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. UAD Press, Yogyakarta. ISBN 978-623-5635-13-2

[thumbnail of 3- Cek Plagiarisme Buku- EKONOMI DAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN (1).pdf] Text
3- Cek Plagiarisme Buku- EKONOMI DAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN (1).pdf

Download (19MB)

Abstract

A. Pendahuluan

Ekonomi Pendidikan merupakan salah satu cabang dari ilmu ekonomi (Blaug. 1970.; Woodhall, 1985), yang selain berusaha menghubungkan antara pendidikan dan ekonomi pada masa awal perkembangannya di tahun 1960an (Schultz, in karabel and Helsey 1977), sekarang telah berkembang menjadi penerapan prinsip-prinsip ekonomi untuk menganalisis kegiatan pendidikan (Woodhall, 1985; Cohn, 1979). Dalam hubungannya dengan yang pertama, kupasan ekonomi pendidikan berorientasi kepada peran pendidikan dalam pembangunan ekonomi. Dalam hubungannya dengan yang kedua, maka Ekonomi Pendidikan mempunyai cakupan bahasan yang lebih luas, menjangkau semua analisis ekonomi yang dapat diterapkan di dunia pendidikan.

Pada hakekatnya, analisis ekonomi besumber kepada asumsi bahwa sumber daya (resources) itu langka, terbatas jumlahnya (scarce) bila dikaitkan dengan keinginan dan kebutuhan manusia yang berkembang terus. Kelangkaan relatif semacam ini mengandung makna bahwa bahwa setiap penggunaan sumber daya, memerlukan suatu pemilihan yang cermat dari sekelompok kemungkinan pilihan yang terbatas. Apabila salah satu alternatif yang dipilih, maka kemungkinan alternatif berharga yang lain harus dilepas, dan hal ini mengandung "opportunity costs" (De Sespa, 1985). Seperti yang didefinisikan oleh Samuelson (1961, in Cohn, 1979, p.1), bahwa:

Economic is the study of how men and society choose, with or without the use of money, to employ scarce productive resources to produce various commodties over time and distribute them for consumption, now and the future among various people and groups in society.

Ekonomi pendidikan juga bertitik tolak dari prinsip ekonomi tersebut diatas, sehingga sebagian besar, analisis ekonomi mikro maupun makro dapat digunakan untuk menganalisis masalah-masalah pendidikan. Metode analisisnya dengan sendirinya sesuai dengan asumsi dan model yang dipergunakan dalam ilmu ekonomi.

Item Type: Book
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Dr Achadi Budi Santosa
Date Deposited: 10 Jan 2024 06:15
Last Modified: 10 Jan 2024 06:15
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/53835

Actions (login required)

View Item View Item