MENYUNTING ARTIKEL PLP I DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BERBAHASA TULIS

Nurhasanah, Dina Muliddina MENYUNTING ARTIKEL PLP I DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BERBAHASA TULIS. MENYUNTING ARTIKEL PLP I DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BERBAHASA TULIS. (Unpublished)

[thumbnail of KP_2000003022_MENYUNTING ARTIKEL PLP  I DALAM MENINGKATKAN .pdf] Text
KP_2000003022_MENYUNTING ARTIKEL PLP I DALAM MENINGKATKAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)

Abstract

Penyuntingan merupakan hal yang perlu untuk dilakukan dengan tujuan untuk membenarkan kesalahan dalam menulis. Hal-hal yang perlu disunting pada pembahasan ini utamanya bahasa tulis. Penulis pada umumnya masih terdapat kesalahan atau kekeliruan dalam menulis pada artikel. Biasanya orang yang menulis dan menyunting tersebut berbeda orangnya. Perlunya tugas penyunting untuk membenarkan kesalahan yang ada baik tanda baca, ejaan, morfologi, semantik, dan sintaksis.
Pemakaian bahasa Indonesia yang diharapkan yaitu sesuai dengan kaidah kebahasaan dalam rangka bahasa Indonesia bisa dipandang sebagai martabat sekaligus jati diri bangsa Indonesia. Ada banyak fungsi bahasa diantaranya yaitu sebagai alat untuk berkomunikasi, alat pemersatu bangsa, dan sebagai identitas suatu suku atau bangsa. Bahasa selain memiliki fungsi juga memiliki manfaat yaitu sebagai bahasa resmi suatu negara, sebagai pengantar dalam dunia. Kenyataannya bahasa Indonesia saat ini masih terdapat banyak kesalahaan dalam penggunaannya terutama dalam bahasa tulis. Salah satu kesalahan yang masih banyak terjadi pada bahasa tulis yaitu kesalahan ejaan walaupun masih ada kesalahan bentuk lain. Kesalahan ejaan yang disunting yaitu pada artikel luaran PLP I Universitas Ahmad Dahlan.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: Dina Nurhasanah
Date Deposited: 13 Jan 2024 06:27
Last Modified: 13 Jan 2024 06:27
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/54015

Actions (login required)

View Item View Item