KESALAHAN EJAAN DAN TATA BAHASA PADA ARTIKEL LUARAN PLP I

Elrida Syafa, Qurrota A'yun (2024) KESALAHAN EJAAN DAN TATA BAHASA PADA ARTIKEL LUARAN PLP I. KESALAHAN EJAAN DAN TATA BAHASA PADA ARTIKEL LUARAN PLP I. (Unpublished)

[thumbnail of KP_2000003023_KESALAHAN EJAAN DAN TATA BAHASA PADA ARTIKEL LUARAN PLP 1.pdf] Text
KP_2000003023_KESALAHAN EJAAN DAN TATA BAHASA PADA ARTIKEL LUARAN PLP 1.pdf

Download (320kB)

Abstract

Ragam naskah merupakan tulisan yang didasarkan dengan kemampuan dalam mengeksplorasi ide atau gagasan. Ragam naskah juga dapat berperan sebagai sarana pembelajaran. Naskah yang siap cetak atau terbit perlu memperhatikan kualitas dari segi ejaan, struktur kalimat, dan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Untuk mengetahui kualitas suatu naskah, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memiliki mata kuliah Penyuntingan (Putri, Rachma, 2020). Mata kuliah Penyuntingan tersebut, diajarkan bagaimana cara menyunting dengan sistematika yang perlu diperhatikan dalam penulisan suatu naskah seperti buku dan artikel ilmiah. Menyunting ragam naskah memiliki makna (1) menyiapkan naskah siap cetak atau terbit, (2) merencanakan dan mengarahkan penerbitan, dan (3) merakit pita rekaman (Haryadi, 2021). Orang yang melakukan seluruh kegiatan menyunting disebut dengan penyunting (Depdiknas dalam Haryadi, 2021). Penyuntingan ragam naskah memiliki makna sebagai suatu proses atau kegiatan menyunting suatu naskah seperti buku dan artikel ilmiah. Ilmu mengenai Penyuntingan ini penting, karena bertujuan untuk menghadirkan naskah berkualitas yang sesuai dengan ejaan, struktur kalimat, dan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta tidak memiliki makna yang ambigu terlebih untuk naskah yang berperan sebagai sarana pembelajaran.
Pada mata kuliah Penyuntingan, mahasiswa diharuskan melaksanakan magang Penyuntingan karena memiliki bobot 2 SKS (Sudaryanto, dkk, 2020). Magang Penyuntingan dilaksanakan di kantor Pusat Pengembangan Profesi Kependidikan (P3K) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan selama 2 hari. Magang Penyuntingan mahasiswa ikuti dengan berdurasi dari pukul 09.00 s,d, 15.00 WIB. Praktik magang yang dilaksanakan tersebut berupa proses menyunting ragam naskah berupa artikel luaran PLP I dengan memperhatikan kesalahan ejaan dan tata bahasa yang belum sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Setelah melaksanakan praktik magang selama 2 hari, mahasiswa diharuskan untuk membuat laporan luaran untuk mendapatkan sertifikat magang Penyuntingan. Luaran tersebut berbentuk artikel hasil kinerja magang Penyuntingan yang akan dikonsultasikan untuk disubmit ke e-prints UAD. Tujuan magang Penyuntingan untuk memahami bagaimana proses menyunting suatu naskah yang baik dan benar.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: Elrida Syafa
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:34
Last Modified: 15 Jan 2024 06:34
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/54040

Actions (login required)

View Item View Item