Manajemen Pendidikan Mutu Terpadu

sukirman, sukirman and Budi Santosa, Achadi (2023) Manajemen Pendidikan Mutu Terpadu. Nuta Media, Yogyakarta. ISBN 978-623-8126-76-7

[thumbnail of Buku MANAJEMEN PENDIDIKAN MUTU TERPADU.pdf] Text
Buku MANAJEMEN PENDIDIKAN MUTU TERPADU.pdf

Download (4MB)

Abstract

BAB I. PENDAHULUAN

A. Pengertian Pendidikan
Makna pendidikan secara sederhana dapat diartikan
sebagai usaha manusia untuk membina kepribadiannya
sesuai dengan nilai-nilai di dalam masyarakat dan
kebudayaannya. Dengan demikian, bagaimanapun
sederhananya peradaban suatu masyarakat, di dalamnya
terjadi atau berlangsung suatu proses pendidikan. Karena
itulah sering dinyatakan pendidikan telah ada sepanjang
peradaban umat manusia.
Pendidikan pada hakikatnya merupakan usaha
manusia melestarikan hidupnya. Pendidikan menurut
pengertian Yunani adalah “pedagogik” yaitu ilmu
menuntun anak, orang Romawi memandang pendidikan
sebagai “educare”, yaitu mengeluarkan dan menuntun,
tindakan merealisasikan potensi anak yang dibawa
dilahirkan di dunia. Bangsa Jerman melihat pendidikan
sebagai “Erzichung” yang setara dengan educare, yakni
membangkitkan kekuatan terpendam atau mengaktifkan
kekuatan/potensi anak. Dalam bahasa Jawa pendidikan
berarti panggulawentah (pengolahan), mengolah,
mengubah, kejiwaan, mematangkan perasaan, pikiran
dan watak, mengubah kepribadian sang anak. Sedangkan
menurut Herbart pendidikan merupakan pembentukan
peserta didik kepada yang diinginkan sipendidik yang
diistilahkan dengan Educere. Dalam kamus besar Bahasa
Indonesia, pendidikan berasal dari kata dasar “didik”
(mendidik), yaitu memelihara dan memberi latihan (ajaran
pimpinan) mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran.
B. Kualitas Pendidikan
Pendidikan pada hakekatnya merupakan usaha
sadar yang dilakukan dalam rangka mengembangkan diri
1

dan mewujudkan potensi peserta didik, Kegiatan
pembelajaran merupakan suatu proses interaksi nyata
antara guru dengan siswa. Berbagai aspek yang
diharapkan dapat diimplentasikan oleh peserta didik.
Aspek-aspek tersebut meliputi kognitif, afektif, dan juga
psikomotorik.
Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi
oleh bangsa Indonesia hingga dewasa ini adalah
rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan
satuan pendidikan. Oleh karena itu, meraih pendidikan
yang bermutu dan berkualitas tinggi harus menjadi
tujuan utama dari setiap lembaga penyelenggara
pendidikan. Banyak faktor yang menentukan
meningkatnya mutu pendidikan, dan salah satunya
melalui penerapan manajemen mutu terpadu di sekolah.
Dalam menimplementasikan manajemen mutu
diperlukan kepala sekolah yang mampu memberdayakan
seluruh komponen yang ada di sekolah, sehingga mereka
memiliki kemauan dan kemampuan untuk bersama
warga sekolah yang lain untuk mencapai visi yang telah
dirumuskan bersama.
Strategi yang dikembangkan dalam penggunaan
manajemen mutu terpadu dalam dunia pendidikan adalah
institusi pendidikan memposisikan dirinya sebagai
institusi jasa. Yakni institusi yang memberikan pelayanan
sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pelanggan. Jasa
atau pelayanan yang diinginkan oleh pelanggan tentu saja
merupakan sesuatu yang bermutu dan memberikan
kepuasan kepada mereka.
Konsep Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan
selanjutnya disingkat menjadi MMTP, merupakan
bangunan konsep yang terdiri atas empat unsur, yaitu
managejen, mutu, terpadu, dan pendidikan. Oleh karena
itu, untuk mengantarkan pemahaman terhadap MMTP

Item Type: Book
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Dr Achadi Budi Santosa
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:41
Last Modified: 22 Jan 2024 06:41
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/54325

Actions (login required)

View Item View Item