EVALUASI ORGANOLEPTIK MINUMAN BUBUK COKELAT ALKALISASI DI TAMAN TEKNOLOGI PERTANIAN NGLANGGERAN

Santosa, Adika Bagas and Rahayu, Wahidah Mahanani (2021) EVALUASI ORGANOLEPTIK MINUMAN BUBUK COKELAT ALKALISASI DI TAMAN TEKNOLOGI PERTANIAN NGLANGGERAN. [Laporan KP] (Submitted)

[thumbnail of Laporan Kp_1900033124_Adika Bagas Santosa_Teknologi Pangan (1).pdf] Text
Laporan Kp_1900033124_Adika Bagas Santosa_Teknologi Pangan (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Kakao menjadi salah satu komoditas utama yang ada di daerah Nglanggeran, maka dari itu TTP Nglanggeran hadir untuk menjadi wadah bagi para warga dalam mengoptimalkan pemanfaatan kakao. Dengan adanya TTP Nglanggeran, maka warga mulai mengetahui bagaimana proses untuk melakukan fermentasi cokelat. Proses pembuatan cokelat bubuk meliputi: penerimaan bahan baku, pengukusan, penyangraian, pengupasan kulit dan biji kakao, penggilingan, pengepresan, pengayakan, alkalisasi, pengemasan.
Mutu bahan baku merupakan salah satu hal yang yang di utamakan dalam proses pembuatan minuman cokelat bubuk di Taman Teknologi Pertanian Nglanggeran. Penjaminan mutu bahan baku pada Taman Teknologi Pertanian Nglanggeran dilakukan dengan sortasi bahan baku dengan manual sebelum diproses.
Pengendalian mutu yang baik sesuai dengan standar yang telah diterapkan pada Taman Teknologi Pertanian Nglanggeran akan menyebabkan produk akhir yang baik, sehingga dibutuhkan penanganan mutu yang baik pula.
Minuman cokelat alkalisasi di Nglanggeran berisi bahan baku cokelat dengan tambahan seperti gula,vanili,maizena,dan soda. Hal ini dilakukan untuk menghilakan keasaman pada bubuk coklat dan juga menurunkan Ph sehingga konsumen dapat menikmati minuman cokklat bubuk Choger 3 in 1 dengan rasa yang enak diminum tanpa ada rasa asam.

Item Type: Laporan KP
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Depositing User: - Adika Bagas Santosa
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:28
Last Modified: 24 Jan 2024 02:28
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/54414

Actions (login required)

View Item View Item