Literasi lingkungan mahasiswa keguruan

Irawati, Hani and Aprilia, Nani and Saifuddin, Much. Fuad (2023) Literasi lingkungan mahasiswa keguruan. [Artikel Dosen]

[thumbnail of 2023-09-Didaktika 7(2)-Literasi lingkungan mahasiswa keguruan.pdf] Text
2023-09-Didaktika 7(2)-Literasi lingkungan mahasiswa keguruan.pdf

Download (260kB)

Abstract

Literasi lingkungan perlu dimiliki oleh generasi sekarang untuk keberlangsungan generasi yang akan datang, begitu juga dengan mahasiswa keguruan yang akan berperan mencerdaskan generasi mendatang. Penelitian ini menekankan pemahaman mahasiswa keguruan mengenai literasi lingkungan. Survei dilakukan terhadap 219 mahasiswa FKIP UAD dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa FKIP UAD terkait literasi lingkungan termasuk dalam kategori cukup, pemahaman literasi lingkungan mencakup 4 aspek yaitu kompetensi terhadap lingkungan, pengetahuan terhadap lingkungan, sikap terhadap lingkungan, serta perilaku dan tanggung jawab terhadap lingkungan. Literasi lingkungan yang dimiliki mahasiswa berkontribusi pada pelaksanaan program kampus hijau di UAD. Temuan tersebut menunjukkan perlu tindakan penguatan literasi lingkungan, sehingga tujuan dari agent of change, agent of development dan Agent of Modernizations pada mahasiswa dapat terbentuk.

Item Type: Artikel Dosen
Keyword: Literasi lingkungan; Pendidik; Peduli lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: S.Pd. M.Pd Much Fuad Saifuddin
Date Deposited: 26 Jan 2024 06:26
Last Modified: 26 Jan 2024 06:26
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/54554

Actions (login required)

View Item View Item