Analisis Kesenjangan Sosial di Sekolah: Perspektif Sosiologi Pendidikan Islam (Studi Kasus di SDN Bhayangkara Yogyakarta)

Amanullah, Wahyu Anis and Wantini, Wantini (2023) Analisis Kesenjangan Sosial di Sekolah: Perspektif Sosiologi Pendidikan Islam (Studi Kasus di SDN Bhayangkara Yogyakarta). [Artikel Dosen]

[thumbnail of Analisis Kesenjangan Sosial di Sekolah Perspektif Sosiologi.pdf] Text
Analisis Kesenjangan Sosial di Sekolah Perspektif Sosiologi.pdf

Download (180kB)

Abstract

Sosiologi pendidikan memiliki peran krusial dalam mengembangkan sistem pendidikan yang lebih optimal dan efisien. Salah satu hambatan utama dalam sosiologi pendidikan adalah kesenjangan Pendidikan. Sosiologi pendidikan adalah analisis sosiologi yang dimanfaatkan untuk menyelesaikan isu pokok yang dihadapi dalam ranah Pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesenjangan sosial di sekolah perspektif sosiologi pendidikan Islam. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN Bhayangkara. Subyek penelitian ini adalah guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data reduction, data dispay, dan data conclusion verificitaion. Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa Kesenjangan sosial juga terjadi bukan hanya di kalangan masyarakat, tetapi di lingkungan pendidikan hal ini sering terjadi. SDN Bhayangkara merupakan sekolah negeri yang terletak di tengah perkotaan Kota Yogyakarta. Siswa dengan berbagai macam status sosial, ekonomi, pola pengasuhan orangtua, maupun lingkungan yang berbeda mengakibatkan terjadinya kesenjangan sosial di lingkungan sekolah seperti pada SDN Bhayangkara. Penerapan sosiologi Pendidikan Islam dengan bimbingan konseling, adanya materi akhlak, adanya keteladanan, adanya hukuman, dan kegiatan keagamaan. Melalui penerapan sosiologi pendidikan Islam diharapkan dapat mencegah kesenjangan sosial yang terjadi di sekolah.

Item Type: Artikel Dosen
Keyword: Sociology, Social Inequality, Education
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: Dr. Wantini Wantini
Date Deposited: 30 Jan 2024 09:12
Last Modified: 30 Jan 2024 09:12
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/54748

Actions (login required)

View Item View Item