ANALISIS DEFECT PRODUCT PADA PRODUK BAKPIA VARIAN REGULAR DI BAKPIA BROKISS YOGYAKARTA

Oktaviana, Tiara Pramesti (2022) ANALISIS DEFECT PRODUCT PADA PRODUK BAKPIA VARIAN REGULAR DI BAKPIA BROKISS YOGYAKARTA. [Laporan KP] (Submitted)

[thumbnail of 1900033177_TIARA PRAMESTI OKTAVIANA_.pdf] Text
1900033177_TIARA PRAMESTI OKTAVIANA_.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

CV Sejahtera Bersama Milenial atau biasa dikenal sebagai Bakpia Brokiss Jogja merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi bakpia kering serta bakery. Bakpia yang dipasarkan di Bakpia Brokiss Jogja memiliki berbagai macam varian rasa, antara lain cokelat, keju, pandan, nanas, kacang, dan coklat kacang. Defect product atau produk cacat adalah produk yang mempunyai wujud produk selesai, tetapi dalam kondisi yang tidak sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh suatu perusahaan. Bakpia kebanyakan masih di olah menggunakan tangan, hal ini yang membuat bakpia lebih mudah mengalami defect, dan bahan isian dengan tekstur lunak, seperti selai atau pasta dan juga keju oles dapat membuat bakpia mengalami defect Di Bakpia Brokiss Jogja dilakukan pengamatan jenis dan defect pada produk bakpia varian regular untuk mengontrol jumlah bakpia yang tidak lulus sortasi (defect). Metode pengamatan dan analisis yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode seven tools dengan menggunakan diagra P-Chart, pareto, dan diagram fishbone. Dalam proses sortasi ditemukan 3 jenis defect pada bakpia varian regular yaitu bentuk tidak seragam, isi keluar, dan bakpia kempis. Bakpia defect dapat terjadi karena beberapa penyebab yaitu faktor bahan, metode, lingkungan, manusia, dan mesin. Berdasarkan analisis menggunakan diagram pareto didapatkan bahwa jenis defect bakpia kempis merupakan 48% defect dari semua jumlah defect produk pada produksi bulan April-Mei. Hasil diagram fishbone menunjukkan faktor penyebab defect produk disebabkan oleh faktor manusia dan metode pada proses pembuatan.
Kata kunci : defect, bakpia, p-chart, pareto, fishbone

Item Type: Laporan KP
Subjects: Q Science > QC Physics
T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: - Tiara Pramesti Oktaviana
Date Deposited: 02 Feb 2024 01:31
Last Modified: 02 Feb 2024 01:31
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/55056

Actions (login required)

View Item View Item