Meningkatkan Representasi Matematis Siswa SMA dengan Editor Mathematic Equation Berbasis Android

Nuraeni, Zuli and Suparman, Suparman and Andriyani, Andriyani (2020) Meningkatkan Representasi Matematis Siswa SMA dengan Editor Mathematic Equation Berbasis Android. SJME (SUPREMUM JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION), 4 (1). ISSN 2548-8163

[thumbnail of Cek plagiarisme_Andriyani_Meningkatkan representrasi.pdf] Text
Cek plagiarisme_Andriyani_Meningkatkan representrasi.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Meningkatkan Representasi Matematis Siswa SMA dengan Editor Mathematic Equation Berbasis Android-Supremum.pdf] Text
Meningkatkan Representasi Matematis Siswa SMA dengan Editor Mathematic Equation Berbasis Android-Supremum.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji keefektifan media pembelajaran Editor Mathematic Equation Berbasis Android terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis baik secara keseluruhan maupun ditinjau dari kemampuan awal matematik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi pada penelitian ini adalah Kata kunci:
Editor Mathematic Equation Berbasis Android. Kemampuan
Representasi Matematis seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Kuningan. dengan teknik purposive sampling diambil dua kelas sebagai sampel. Hasil analisis data menunjukkan rataan kemampuan awal representasi matematis siswa pada kelompok eksperimen sama dengan rataan kemampuan
awal siswa pada kelompok kontrol dengan nilai signifikansi sebesar 0,935. Namun setelah perlakuan, terdapat perbedaan skor rata-rata kemampuan representasi matematis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu sebesar 1,63 dan uji F 5,115 dengan sig 0,027, penolakan untuk Ho yang artinya kemampuan representasi matematis pada kelas eksperimen lebili baik daripada kelas kontrol. dan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana rataan N-gain kelas eksperimen sebesar 0,632 dan kelas kontrol sebesar 0,56.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: Dr. ANDRIYANI M.Si
Date Deposited: 05 Feb 2024 01:33
Last Modified: 05 Feb 2024 01:33
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/55213

Actions (login required)

View Item View Item