Implementasi Penguatan Nilai Karakter Integritas pada Kegiatan Eksrakurikuler Hizbul Wathan di Sekolah Dasar

Probosiwi, Probosiwi (2023) Implementasi Penguatan Nilai Karakter Integritas pada Kegiatan Eksrakurikuler Hizbul Wathan di Sekolah Dasar. [Artikel Dosen]

[thumbnail of 17.+ALVIANA+RIZKA+AZIZAH+3503+-+3513.pdf] Text
17.+ALVIANA+RIZKA+AZIZAH+3503+-+3513.pdf - Published Version

Download (489kB)

Abstract

Pendidikan merupakan sesuatu hal yang sangat penting. Keberhasilan dalam Pendidikan tidak terlepas dengan adanya bantuan dari teknologi, namun teknologi tidak hanya bisa berdampak postif tetapi bisa juga berdampak. Untuk menanggulangi dampak negative tersebut perlu adanya penguatan karakter pada peserta didik salah satunya adalah penguatan karakter integritas. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan bentuk penguatan nilai karakter integritas padakegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan. 2) Mendeskripsikan factor pendukung dalam penguatan nilai karakter integritas pada kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah Kleco II. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pembina Hizbul Wathan, dan peserta didik. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian inimenggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk penguatan nilai karakter integritas di SD Muhammadiyah Kleco II dilakukan dengan beberapa kegiatan system berkelompok atau beregu seperti tali temali, membuat dragbar, membuat tenda, dan perkemahan. Faktor pendukung dalam penguatan karakter integritas pada ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah Kleco II yaitu kebijakan sekolah, pembina, dan sarana prasarana.
Kata Kunci: Hizbul Wathan, penguatan karakter, integritas

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: M.Sn. Probosiwi Probosiwi
Date Deposited: 12 Feb 2024 01:23
Last Modified: 12 Feb 2024 01:23
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/55982

Actions (login required)

View Item View Item