RANCANG BANGUN APLIKASI TRACKING SURAT BERBASIS MOBILE DI PT.GLOBAL INTERMEDIA NUSANTARA

UNSPECIFIED (2024) RANCANG BANGUN APLIKASI TRACKING SURAT BERBASIS MOBILE DI PT.GLOBAL INTERMEDIA NUSANTARA. [Laporan KP] (Unpublished)

[thumbnail of 2000018448-Avenda Pratama-Laporan KP.pdf] Text
2000018448-Avenda Pratama-Laporan KP.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perguruan tinggi memainkan peran penting dalam pembentukan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa. Praktik magang di dunia industri, seperti yang diwajibkan oleh Universitas Ahmad Dahlan untuk mahasiswa S1 Informatika, menjadi langkah krusial dalam mengasah keterampilan. PT. Global Intermedia Nusantara dipilih sebagai tempat praktik magang, sebuah perusahaan IT yang menghadapi kendala dalam manajemen surat-menyurat. Tantangan utama adalah keterlambatan distribusi surat akibat proses manual melalui resepsionis.
Dalam mengatasi tantangan tersebut, PT.Global Intermedia Nusantara mengadopsi solusi inovatif dengan pengembangan aplikasi mobile tracking surat berbasis React Native. Metode pengembangan waterfall digunakan dengan tahapan analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Hasilnya adalah aplikasi mobile yang berbasis mengatasi keterlambatan distribusi surat, mengurangi risiko kesalahan, dan mempermudah pemantauan. Proses pengujian black box dengan presentase 5/7 menunjukkan keberhasilan aplikasi memenuhi standar dan kebutuhan yang diinginkan.
Pengembangan aplikasi ini menjadi langkah inovatif dalam meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan responsivitas operasional PT.Global Intermedia Nusantara. Dengan kata lain, aplikasi ini bukan hanya menjawab tantangan manajemen surat-menyurat di perusahaan, tetapi juga memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas keseluruhan operasional.

Item Type: Laporan KP
Additional Information: LAPORAN MAGANG (KP)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: Avenda Pratama
Date Deposited: 12 Feb 2024 03:04
Last Modified: 12 Feb 2024 03:04
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/56099

Actions (login required)

View Item View Item