Suprihadi, Rizki Annisa Putri and Ma'rifah, Destri Ratna (2022) Literature study: various abilities of high school students obtained from the application of problem-based learning models in the field of natural science. Journal on Biology and Instruction, 2 (2). pp. 71-76. ISSN 2798-0863
Text (artikel jurnal published)
6947-Article Text-25720-1-10-20221210.pdf - Published Version Download (331kB) |
|
Text (hasil cek similarity)
Destri-Literature study.pdf - Other Download (1MB) |
Abstract
Salah satu kemampuan pendidikan abad 21 adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Akan tetapi, yang terjadi di lapangan adalah kemampuan berpikir kritis siswa SMA masih rendah. Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang memiliki potensi untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis, model tersebut yaitu Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan apa saja yang diperoleh dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) maupun PBL modifikasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi literatur dengan desain narrative review. Penyajian data menggunakan tabel dan analisis data menggunakan analisis deskriptif. Artikel yang didapatkan yaitu 36 artikel yang berkaitan dengan model PBL dan kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL dan PBL modifikasi dapat meningkatkan kemampuan lain seperti pemahaman dan penguasaan konsep materi, keaktifan siswa, hasil belajar siswa, kemampuan berpikir ilmiah, kemampuan memecahkan masalah dan kemampuan berpikir kreatif.
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi) |
Depositing User: | M.Pd. Destri Ma'rifah |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 01:29 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 01:29 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/56223 |
Actions (login required)
View Item |