<font style="vertical-align: inherit;"><font style="vertical-ali, <font style="vertical-align: inherit;"><font style="vertical-ali and <font style="vertical-align: inherit;"><font style="vertical-ali, <font style="vertical-align: inherit;"><font style="vertical-ali and Hanif, Cahyo Adi Kistoro and <font style="vertical-align: inherit;"><font style="vertical-ali, <font style="vertical-align: inherit;"><font style="vertical-ali LAPORAN KEMAJUAN SKEMA PENELITIAN DASAR. UAD. (Unpublished)
Text
Laporan Antara Penelitian Dosen PAI UAD.pdf Download (2MB) |
Abstract
Praktik multikultural merupakan salah satu prasyarat agar pendidikan berjalan setara, adil secara
gender, sehingga tidak menimbulkan adanya disharmoni sosial di sekolah dan masyarakat pada
umumnya. Praktik multicultural dapat diperhatikan dari pembelajaran yang dilakukan disekolah
pada beberapa mata pelajaran seperti pengetahuan sosial, agama Islam (Al-Islam dan
Kemuhammadiyahan), Bahasa Indonesia dan olah raga yang secara langsung melibatkan seluruh
siswadengan latar belakang beragam. Jika praktik multicultural tidak berjalan, maka dapat di
asumsikan keadilan gender di sekolah tidak terjadi. Pendidikan menjadi praktik yang timpang
dan tidak adil gender sehingga dapat merugikan seseorang ataupun salah satu kelompok di
sekolah.
Terjadinya praktik multicultural di sekolah, selain dilakukan oleh para pendidik dalam
memberikan pengetahuan sosial, agama Islam (Al-Islam dan kemuhammadiyahan), Bahasa
Indonesia, PKN, juga sudah semestinya dipraktikkan oleh peserta didik yang menjadi siswa di
sekolah tersebut sehingga menjadikan institusi pendidikan sebagai lembaga yang dapat
“melindungi” keragaman latar belakang peserta didik. Peserta didik dapat merasa nyaman dan
aman dalam menjalankan praksis pendidikannya. Dengan demikian, praktik pendidikan
multikultural menjadi salah satu hal yang penting dilakukan oleh pendidik dan peserta didik.
Penelitian ini bertujuan menjawab pertanyaan apakah praktik pendidikan yang diselenggarakan
di SMK Muhammadiyah Berbah memberikan perspektif keadilan gender pada para peserta didik,
sehingga mereka mampu menempatkan setiap siswa yang berlatar belakang beragam secara jenis
kelamin, latar belakang sosial keluarga, latar belakang sosial ekonomi dan sosial budaya dapat
salingmemberikan penghargaan dan pengakuan secara setara. Penelitian ini dilakukan dengan
metode kualitatif dengan metode mengumpulkan data melalui wawancara terhadap para peserta
didik dengan menggunakan geogle form dan literature (desk study) yang relevan kemudian data
yang telah terkumpul di analisis.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Dr Sri Roviana |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 00:47 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 00:47 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/57872 |
Actions (login required)
View Item |