PENGAMATAN CACAT KEMASAN PRODUK BAKMI KERING DENGAN CONTROL CHART DAN FISHBONE DIAGRAM DI CV SUNDORO INDONESIA SEMARANG, JAWA TENGAH

Silka Fajaranie, Ahadya (2022) PENGAMATAN CACAT KEMASAN PRODUK BAKMI KERING DENGAN CONTROL CHART DAN FISHBONE DIAGRAM DI CV SUNDORO INDONESIA SEMARANG, JAWA TENGAH. [Laporan KP] (Unpublished)

[thumbnail of KP_1900033098_JUDUL.pdf] Text
KP_1900033098_JUDUL.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of KP_1900033098_ISI LAPORAN.pdf] Text
KP_1900033098_ISI LAPORAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Cacat kemasan produk bakmi kering di CV Sundoro Indonesia merupakan salah satu masalah yang perlu dilakukan pengamatan untuk selanjutnya di analisis lebih lanjut terkait penyebab dari masalah yang terjadi sehingga dapat dilakukan perbaikan proses untuk meminimalisir kerugian yang dialami oleh perusahaan akibat dari masalah cacat kemasan di CV Sundoro Indonesia. Tujuan dari penelitian yang berjudul “Pengamatan Cacat Kemasan Produk Bakmi Kering dengan Contol Chart dan Fishbone Diagram di CV Sundoro Indonesia Semarang, Jawa Tengah” yaitu menganalisis jumlah cacat kemasan pada produk bakmi kering di CV Sundoro Indonesia, menganalisis faktor penyebab terjadinya cacat kemasan pada produk bakmi kering di CV Sundoro Indonesia, dan menganalisis solusi untuk meminimalisir terjadinya cacat kemasan pada produk bakmi kering di CV Sundoro Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan studi literatur.
Hasil pengamatan cacat kemasan produk bakmi kering dengan metode analisis control chart (P-Chart) menunjukkan proporsi cacat kemasan tertinggi dan terendah yaitu 0.012158055 dan 0.00297619. Analisis fishbone diagram menunjukkan faktor-faktor penyebab terjadinya cacat kemasan produk bakmi kering yang dipengaruhi oleh faktor manusia, metode, mesin, dan lingkungan. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan analisis control chart (P-Chart) menunjukkan 4 titik cacat kemasan yang melebihi batas pengendalian, analisis fishbone diagram menunjukkan faktor dominan yang menyebabkan terjadinya cacat kemasan yaitu faktor manusia dan mesin, adapun solusi untuk meminimalisir terjadinya cacat kemasan dengan melakukan training dan sosialisasi pada karyawan serta rutin melakukan perawatan pada mesin.

Item Type: Laporan KP
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: Ahadya Silka Fajaranie
Date Deposited: 19 Feb 2024 06:28
Last Modified: 19 Feb 2024 06:28
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/58492

Actions (login required)

View Item View Item