Media Pembelajaran Puisi Berbasis Powtoon Di Era Society 5.0

Fujiastuti, Ariesty and perwita, inggit dwi (2021) Media Pembelajaran Puisi Berbasis Powtoon Di Era Society 5.0. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL_Alih_Kode.pdf] Text
HASIL_Alih_Kode.pdf

Download (2MB)

Abstract

Era Society 5.0 diartikan sebagai konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi yang diluncurkan terutama di bidang pendidikan. Covid-19 mengganggu proses pembelajaran tatap muka, solusinya ialah pembelajaran daring akan tetapi, masih terdapat permasalahan terutama minat peserta didik pada materi puisi di SMA Kelas X. Maka dari itu, dibutuhkan media pembelajaran yang dapat menarik minat peserta didik seperti media berbasis Powtoon. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran puisi berbasis Powtoon sebagai alternatif pembelajaran di Era Society 5.0. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (R&D) model pengembangan ADDIE. Teknik dan instumen yang digunakan berupa observasi, wawancara dan angket. Subjek coba dilakukan oleh ahli media, ahli materi, ahli pengajaran dan siswa kelas X SMA N 3 Bantul. Teknik analisis data yang digunakan ialah kuantitatif-deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian oleh para ahli dapat dikatakan bahwa produk media pembelajaran Sangat Layakâ. Adapun nilai rata-rata yakni 91, 2. Skor rata-rata yang diperoleh dari ahli media sebesar 83, 4, dari ahli materi 95, 2, dari ahli pengajaran sebesar 95. Media pembelajaran ini dapat menggunakan smartphone dan laptop dalam bentuk soft copy sehingga efektif dan dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran di Era Society 5.0.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: M.Pd. Ariesty Fujiastuti
Date Deposited: 22 Feb 2024 06:33
Last Modified: 22 Feb 2024 06:33
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/59714

Actions (login required)

View Item View Item