PENGAMATAN PENYEBAB KECACATAN PADA PRODUK RASA COKLAT DI PABRIK BAKPIA PATHOK 25

., NURHALIZA PENGAMATAN PENYEBAB KECACATAN PADA PRODUK RASA COKLAT DI PABRIK BAKPIA PATHOK 25. [Laporan KP]

[thumbnail of Nurhaliza_1900033165_Naskah Laporan Kerja Praktek..pdf] Text
Nurhaliza_1900033165_Naskah Laporan Kerja Praktek..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan Bakpia Pathok 25 merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan khas Yogyakarta dan produk utamanya bakpia pathok rasa coklat dan banyak rasa lainnya adalah oleh-oleh Yogyakarta. Demi menjaga kepuasan konsumen dan kemudian mendapatkan produk tersebut dengan standar mutu, perusahaan menerapkan manejemen mutu terbaik dan sesuai dengan pedoman bahan baku mutu yang berlaku didaerah Keistimewaan Yogyakarta. Dalam kegiatan produksi, perusahaan selalu berusaha untuk itu didapatkan produk terbaik dan batas kecacatan produk yang tinggi dengan menetapkan standar toleransi kerusakan minimum dengan jumlah produksi yang ada. Namun, kenyataannya masih menunjukkan hal itu tingkat kecacatan berfluktuasi dan bahkan masih memiliki beberapa tingkat kecacatan melebihi standar toleransi yang ditetapkan oleh pemerintah daerah. Penelitian diPabrik Bakpia Pathok 25 mempunyai tujuan untuk menganalisis penyebab kecatatan pada produk bakpia. Penelitian ini dilakukan dengan metode yakni observasi lapangan, serta studi pustaka

Setelah mendapatkan data maka akan dilakukan pengamatan dengan menggunakan jenis kecacatan diagram pareto tidak ada titik yang melebihi garis batas atas maupun bawah. Selanjutnya mencari faktor-faktor yang menyebabkan hal ini terjadi kecacatan produk salah satunya adalah manusia, metode kerja, material/ bahan baku dan lingkungan kerja disebabkan karena karyawan yang lalai akibat banyaknya pemesanan. Sehingga perusahaan dapat mengambil tindakan pencegahan serta perbaikan untuk meningkatkan kualitas produk.

Hasil persentase kecacatan bakpia diantaranya yakni bentuk bakpia kulit sobek (pcs) sebesar 32%. Bakpia isi keluar sebesar 33%, Bakpia gosong 35%. Daripersentase tersebut disimpulkan bahwa kecacatan bakpia pada Pabrik Bakpia Pathok25 masih dalam proses normal.

kata kunci: Pengendalian mutu, diagram pareto, Diagram fishbone

Item Type: Laporan KP
Additional Information: Laporan KP
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: - Nurhaliza .
Date Deposited: 13 Mar 2024 03:00
Last Modified: 13 Mar 2024 03:00
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/60855

Actions (login required)

View Item View Item