PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN FASILITAS PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD

Saputro, Hengkang Bara (2024) PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN FASILITAS PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 11 (1). pp. 1-11. ISSN P-ISSN: 2338-980X| E-ISSN: 2502-4264

[thumbnail of HASIL CEK] Text (HASIL CEK)
DB_report_2. Artikel_Hengkang_Bara jurnal elementary school UPY.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of ARTIKEL JURNAL ELEMENTARY SCHOOL UPY] Text (ARTIKEL JURNAL ELEMENTARY SCHOOL UPY)
2. Artikel_Hengkang_Bara jurnal elementary school UPY.pdf - Published Version

Download (253kB)
[thumbnail of 222] Text
222

Download (80kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh kreativitas guru dan
fasilitas pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar di SD MBS
Prambanan. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik SD kelas IV yang berjumlah 45
orang. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang terdiri dari satu
kelas yang sampelnya terdiri atas 45 siswa dengan jumlah 23 orang perempuan dan 22 orang
laki-laki. Dalam penelitian ini, yang menjadi variabel bebas adalah kerativitas guru (x₁) dan
fasilitas pembelajaran materi bangun datar (x₂) sedangkan variabel terikatnya adalah hasil
belajar matematika (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan uji validitas
dan reliabilitas; dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dilakukan analisis
dengan analisis statistika deskriptif dan uji prasyarat analisis. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi bangun datar mata pelajaran
matematika kelas IV antara kreativitas guru dan fasilitas pembelajaran, yaitu nilai sig (2 tailed)
sebesar 0.002 < 0.05 yang bearti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan
hipotesis nihil (H0) di tolak. Dengan demikian diketahui bahwa terdapat pengaruh antara
kreativitas guru dan fasilitas pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun
datar mata pelajaran matematika kelas IV di SD MBS Prambanan.

Item Type: Artikel Umum
Keyword: kreativitas guru, fasilitas pembelaaran, hasil belajar, bangun datar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Hengkang Bara Saputro
Date Deposited: 14 Mar 2024 01:55
Last Modified: 14 Mar 2024 01:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/60959

Actions (login required)

View Item View Item