ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGOPTIMALKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SANGONAN 3

Saputro, Hengkang Bara and Nurrahmi, Ahdiatun (2023) ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGOPTIMALKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SANGONAN 3. Differential: Journal on Mathematics Education, 1 (1). pp. 57-67. ISSN E-ISSN 3024-9767 , P-ISSN 3025-0595

[thumbnail of ARTIKEL Differential: Journal on Mathematics Education] Text (ARTIKEL Differential: Journal on Mathematics Education)
DB_report_7. artikel Differential Journal on Mathematics Education _ Hengkang Bara.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of HASIL CEK] Text (HASIL CEK)
DB_report_7. artikel Differential Journal on Mathematics Education _ Hengkang Bara.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu pelajaran wajib bagi siswa, oleh sebab itu diperlukan strategi pembelajaran yang tepat. Strategi pembelajaran merupakan sesuatu yang penting dalam mengoptimalkan aktivitas belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis strategi pembelajaran pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Sangonan 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas V SD Muhammadiyah Sangonan 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SD Muhammadiyah Sangonan 3 menerapkan strategi student centre. Strategi pembelajaran student centre adalah strategi yang mengharuskan siswa menjadi pelajar yang aktif. Di dalam penerapannya, agar berjalan optimal diperlukan beberapa hal diantaranya adalah guru menjalin kerja sama dengan orang tua siswa, guru melakukan pendekatan dengan mengajarkan siswa satu-persatu, serta guru menggunakan metode, media, dan materi pembelajaran sesuai dengan kehidupan sehari-hari siswa. Pada pembelajaran matematika terdapat delapan jenis aktivitas belajar diantaranya adalah visual activities, oral activities, listenin activities, drawing activities, writing activities, motor activities, mental activities, dan, emosional activities.

Item Type: Artikel Umum
Keyword: aktivitas belajar, strategi guru, SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Hengkang Bara Saputro
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:44
Last Modified: 14 Mar 2024 02:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61046

Actions (login required)

View Item View Item