PENGEMBANGAN SISTEM DIGITALISASI DAN INTEGRASI DATA PELAPORAN PEMERINTAH DAERAH (SINTA MERAH)

Sukmawati, Imelda Kirana (2024) PENGEMBANGAN SISTEM DIGITALISASI DAN INTEGRASI DATA PELAPORAN PEMERINTAH DAERAH (SINTA MERAH). Universitas Ahmad Dahlan. (Unpublished)

[thumbnail of KP_2000018356_PENGEMBANGAN SISTEM DIGITALISASI DAN INTEGRASI DATA.pdf] Text
KP_2000018356_PENGEMBANGAN SISTEM DIGITALISASI DAN INTEGRASI DATA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kabupaten Tana Tidung merupakan salah satu kantor pemerintahan yang terletak di Kabupaten Tana Tidung Kalimantan Utara. DISKOMINFO Kabupaten Tana Tidung ini memiliki tugas pokok dan fungsi tersendiri yaitu menyelenggarakan urusan pemerintahan di Bidang Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian. Tugas DISKOMINFO lain yaitu membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan bidang komunikasi dan Informatika sesuai dengan kewenangan daerah yang meliputi informasi dan komunikasi publik, dan teknologi informasi, statistik dan persandian, serta pengembangan dan pengelolaan e- government.
Salah satu kegiatan yang harus dilakukan DISKOMINFO Kabupaten Tana Tidung yaitu Penyelenggaraan kesekretariatan dinas yang ada di Kabupaten Tana Tidung. Berhubungan dengan instansi perangkat daerah dalam upaya mengumpulkan data, mengolah, dan menyajikan data melalui laporan mempunyai tantangan tersendiri. Apalagi sistem yang diterapkan masih konvensional, sangat rentan resiko redudansi data serta resiko terlambatnya penyebaran informasi pelaporan. Redudansi data merupakan kondisi yang terjadi ketika data
yang sama disimpan dua kali atau lebih di tempat penyimpanan yang berbeda yang secara langsung hal ini akan berpengaruh terhadap kualitas, efisiensi serta akurasi data yang tersaji di dalam laporan.Teknik konvensional kerap kali membuat tim penyusun laporan Kabupaten kesulitan dalam melakukan pengumpulan data perangkat daerah di Kabupaten sesuai dengan waktu kerja/deadline yang ditetapkan dalam surat edaran, yang memiliki dampak akan mengarah kepada keterlambatan penyusunan laporan. Dengan Pelaksanaan kegiatan kesekretariatan SINTA MERAH bertujuan untuk penyimpanan data dukung tersistem, tersusun atau terarsip dengan baik data dukung, mudah dalam pencarian data dukung, mengetahui data dukung yang masih kurang, dan mudah melakukan penyesuaian indikator apabila ada perubahan regulasi.
Berdasarkan hasil pemaparan yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya maka DISKOMINFO Kabupaten Tana Tidung membutuhkan sebuah Sistem Digitalisasi dan Integrasi Data Pelaporan Pemerintah Daerah (SINTA MERAH) yang dapat melakukan penyimpanan data Pelaporan pemerintah daerah dengan baik. Pelaksanaan kegiatan kerja praktik magang selama 3 bulan di DISKOMINFO Kabupaten Tana Tidung, maka diharapkan membantu DISKOMINFO untuk menyelesaikan permasalahan terkait mengembangkan sebuah sistem SINTA MERAH.

Item Type: Other
Additional Information: Kerja Praktek (KP)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: - Imelda Kirana Sukmawati
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:02
Last Modified: 15 Mar 2024 03:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61132

Actions (login required)

View Item View Item