Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Morfologi pada Skripsi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan

Agsan, Hanna Zaky and Xelentia, Xelentia and Fadzira, Era and Nashruddin, Muhammad Khoirun and Sudaryanto, Sudaryanto Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Morfologi pada Skripsi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of ARTIKEL KEL. 4 - KESALAHAN MORFOLOGI PADA SKRIPSI MHS PAI UAD.pdf] Text
ARTIKEL KEL. 4 - KESALAHAN MORFOLOGI PADA SKRIPSI MHS PAI UAD.pdf

Download (196kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesalahan berbahasa terutama bidang morfologi yang terdapat pada skripsi mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan analisis 4 sampel skripsi mahasiswa pendidikan agama Islam Universitas Ahmad Dahlan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Menganalisis kesalahan berbahasa pada bidang morfologi berdasarkan objek yang menjadi pusat kajian . Teknik analisis pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik dasar sadap dan teknik lanjutan Simak Bebas Libat Cakap dan catat.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah berdasarkan dari teori M. Ramlan dan teori Abdullah Hassan. Hasil penelitian adalah terdapat beberapa kesalahan morfologi yang umum terutama pada penggunaan imbuhan pada kata dasar yang masih keliru, terutama prefiks dan konfiks. Skripsi pertama terdapat dua kesalahan morfologi, skripsi kedua terdapat dua kesalahan morfologi, skripsi ketiga terdapat empat kesalahan morfologis, skripsi keempat terdapat sebelas data kesalahan bahasa Indonesia yang terdapat dalam 4 skripsi mahasiswa pendidikan Agama Islam. Terutama kesalahan dalam penggunaan imbuhan kata.
Kata kunci: Kesalahan, Berbahasa, Morfologi, Skripsi, PAI

Item Type: Artikel Umum
Keyword: Kesalahan, Berbahasa, Morfologi, Skripsi, PAI
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: M.Pd. UAD Sudaryanto
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:39
Last Modified: 20 Mar 2024 02:39
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61380

Actions (login required)

View Item View Item