Kesalahan Berbahasa Tataran Semantik pada E-paper Tribunnews Edisi 14 dan 16 Juli 2023

Budiono, Safilla Azhari and Nurhasanah, Dina Muliddina and A'yun, Elrida Syafa Qurrota and Adrianto, Angga and Sholeha, Intan and Sudaryanto, Sudaryanto Kesalahan Berbahasa Tataran Semantik pada E-paper Tribunnews Edisi 14 dan 16 Juli 2023. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD.

[thumbnail of ARTIKEL KEL. 7 - KESALAHAN SEMANTIK PADA E-PAPER TRIBUNNEWS.pdf] Text
ARTIKEL KEL. 7 - KESALAHAN SEMANTIK PADA E-PAPER TRIBUNNEWS.pdf - Other

Download (218kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena penggunaan bahasa Indonesia baik secara lisan maupun tertulis yang masih banyak dijumpai kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan wujud kesalahan berbahasa Indonesia yang meliputi kesalahan tataran semantik pada e-paper Tribunnews edisi 14-16 Juli 2023, (2) mendeskripsikan keterkaitan bentuk kesalahan berbahasa Indonesia yang terdapat pada e-paper Tribunnews edisi 14-16 Juli 2023 dengan perkuliahan analisis kesalahan berbahasa Indonesia serta mengetahui suatu pemakaian bahasa tulisan dalam tataran semantik. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode simak dengan teknik dasar sadap dan teknik lanjutan simak bebas libat cakap (SBLC). Sementara itu, metode dan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode padan referensial dengan teknik dasar pilah unsur penentu (PUP) dan teknik lanjutan hubung banding menyamakan (HBS). Adapun subjek penelitian ini adalah e-paper Tribunnews edisi 14-16 Juli 2023 dan objek penelitiannya berupa kesalahan berbahasa Indonesia pada tataran semantik. Dari hasil analisis pada e-paper Tribunnews edisi 14-16 Juli 2023 ditemukan bentuk kesalahan berbahasa Indonesia yaitu satu kata yang dapat menimbulkan makna yang berbeda atau memiliki makna lebih dari satu sehingga harus sesuai dan tepat bahasa lisan maupun tulisannya.

Item Type: Other
Keyword: Analisis bahasa, Kesalahan, Semantik, E-Paper
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: M.Pd. UAD Sudaryanto
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:47
Last Modified: 21 Mar 2024 04:47
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61434

Actions (login required)

View Item View Item