Kesalahan Berbahasa Indonesia Tataran Fonologi Pelajar BIPA Asal Mesir pada Video Reels Instagram @bipakemendikbud

Reswari, Nadia Mumtaza and Purnomo, Aisyah Sulha Ramadani and Wicaksana, Arofan Siwi and Dinata, Rizal Asyifa Putra and Sudaryanto, Sudaryanto Kesalahan Berbahasa Indonesia Tataran Fonologi Pelajar BIPA Asal Mesir pada Video Reels Instagram @bipakemendikbud. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD.

[thumbnail of ARTIKEL KEL. 1 - KESALAHAN FONOLOGI PADA PEMELAJAR BIPA ASAL MESIR DI INSTAGRAM BIPA KEMENDIKBUD.pdf] Text
ARTIKEL KEL. 1 - KESALAHAN FONOLOGI PADA PEMELAJAR BIPA ASAL MESIR DI INSTAGRAM BIPA KEMENDIKBUD.pdf

Download (132kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa Indonesia tataran fonologi pelajar BIPA asal Mesir pada video reels Instagram @bipakemendikbud. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif merupakan sebuah metode yang digunakan untuk menggambarkan, menganalisis, dan meringkas berupa pengamatan masalah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik dasar teknik sadap dan teknik lanjutan teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan teknik catat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa Indonesia ta-taran fonologi pelajar BIPA asal Mesir pada video reels Instagram @bipakemendikbud meliputi (1) perubahan fonem sebanyak 15 buah, (2) penambahan fonem sebanyak 4 buah, dan (3) penghilangan fonem sebanyak 5 buah.

Item Type: Other
Keyword: kesalahan bahasa, fonologi, pelajar BIPA
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: M.Pd. UAD Sudaryanto
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:23
Last Modified: 22 Mar 2024 02:23
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61437

Actions (login required)

View Item View Item