Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Bidang Fonologi pada Kanal Youtube Shine Shine: Kasus pada Natasya Shine

Nurwono, Annisa Dikna and Ismail, Muhammad Syaiful and Ningrum, Windy and Dhewi, Asy Syifa and Sudaryanto, Sudaryanto Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Bidang Fonologi pada Kanal Youtube Shine Shine: Kasus pada Natasya Shine. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD.

[thumbnail of ARTIKEL KEL. 2 - KESALAHAN FONOLOGI PADA KANAL YOUTUBE SHINE SHINE.pdf] Text
ARTIKEL KEL. 2 - KESALAHAN FONOLOGI PADA KANAL YOUTUBE SHINE SHINE.pdf

Download (172kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa Indonesia dalam bidang fonologi pada kanal Youtube Shine Shine. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitiannya adalah video Youtube Shine Shine yang terdiri dari beberapa video populer dengan durasi di bawah 10 menit. Pengambilan subjek dengan durasi di bawah 10 menit bertujuan agar analisis yang dilaksanakan lebih fokus. Penelitian ini memilih kanal Youtube Shine Shine karena tokoh di dalam video adalah penutur asing. Seperti yang kita ketahui, bahwa kesalahan dalam bahasa Indonesia sering ditemukan pada penutur asing. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak, diikuti dengan teknik dasar sadap serta teknik lanjutan Simak Bebas Libat Cakap (SBLC) dan catat. Analisis data dilakukan dengan metode distribusional, diikuti dengan teknik dasar Bagi Unsur Langsung (BUL) dan teknik lanjutan perluas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa Indonesia dalam bidang fonologi pada kanal Youtube Shine Shine meliputi perubahan fonem yang berjumlah 15 data, penambahan fonem dengan jumlah 6 data, dan penghilangan fonem yang berjumlah 4 data.

Item Type: Other
Keyword: Analisis kesalahan, fonologi, Youtube, Shine Shine
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: M.Pd. UAD Sudaryanto
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:29
Last Modified: 22 Mar 2024 02:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61438

Actions (login required)

View Item View Item