Kesalahan Berbahasa dalam Bidang Morfologi pada Buku Kuliah Akhlaq

Lestari, Farah Khusna and Yana, Ninda Shavera Visty Happy and Sriyana, Rahma Nurul Izza Putri and Prasetyo, Yudha Dwi and Sudaryanto, Sudaryanto Kesalahan Berbahasa dalam Bidang Morfologi pada Buku Kuliah Akhlaq. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD.

[thumbnail of ARTIKEL KEL. 3 - KESALAHAN MORFOLOGI PADA BUKU KULIAH AKHLAQ.pdf] Text
ARTIKEL KEL. 3 - KESALAHAN MORFOLOGI PADA BUKU KULIAH AKHLAQ.pdf

Download (158kB)

Abstract

Analisis kesalahan berbahasa merupakan prosedur kerja yang digunakan oleh seorang peneliti dalam bidang bahasa untuk mengumpulkan sampel kesalahan, mengidentifikasi, menjelaskan, mengklasifikasi, dan mengevaluasi taraf keseriusan kesalahan tersebut. Pada penelitian ini menganalisis kesalahan berbahasa tulis pada buku Kuliah Akhlaq sebab masih banyak ditemukan kesalahan berbahasa Indonesia dalam bidang morfologi. Kesala-han yang ditemukan bukan semata-mata disebabkan adanya kesalahan dalam penulisan, namun biasanya disebabkan kurangnya pemahaman mengenai bahasa sesuai dengan kai-dah kebahasaan. Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk menganalisis dan menginterprestasi kesalahan berbahasa tataran morfologi pada buku Kuliah Akhlaq. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian buku Kuliah Akhlaq. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode simak. Penelitian ini menggunakan dua teknik, yaitu teknik dasar penelitian ini menggunakan teknik sadap dan teknik lanjutan yaitu teknik simak, bebas, libat, cakap. Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan rederensial, dengan teknik dasar pilah unsur penentu dan teknik lanjutan hubung banding menyamakan. Kesalahan berbahasa dalam buku kuliah Akhlaq terdapat kesalahan berbahasa pada bidang morfologi khususnya penggunaan afiks yang tidak tepat, penghilangan afiks khususnya penghilangan prefiks, sufiks, dan konfiks.

Item Type: Other
Keyword: kesalahan berbahasa, morfologi, buku Kuliah Akhlaq
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: M.Pd. UAD Sudaryanto
Date Deposited: 23 Mar 2024 01:53
Last Modified: 23 Mar 2024 01:53
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61475

Actions (login required)

View Item View Item