Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis pada Berita Surat Kabar Tribun Jogja Edisi November 2022

Afrianti, Fira Eka and Handayani, Lilis and Jannah, Shinta Lailatul and Saputra, Virma Tama and Afifah, Nur Yulia and Sudaryanto, Sudaryanto Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis pada Berita Surat Kabar Tribun Jogja Edisi November 2022. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD.

[thumbnail of ARTIKEL KEL. 5 - KESALAHAN SINTAKSIS PADA SURAT KABAR TRIBUN JOGJA.pdf] Text
ARTIKEL KEL. 5 - KESALAHAN SINTAKSIS PADA SURAT KABAR TRIBUN JOGJA.pdf

Download (176kB)

Abstract

Bahasa penting dalam kehidupan manusia sebagai alat komunikasi yang digunakan untuk berinteraksi. Kesalahan berbahasa sering kali ditemukan dalam kehidupan sehari-hari yang dilakukan oleh masyarakat, salah satunya kesalahan bahasa yang ditemukan pada surat kabar. Adanya surat kabar agar mempermudah masyarakat dalam mengetahui berita atau opini terkini. Hal ini dikarenakan tidak semua masyarakat dapat menggunakan atau mengikuti perkembangan teknologi. Objek penelitian ini yaitu kesalahan berbahasa di bidang sintaksis dan subjek yang digunakan berupa surat kabar Tribun Jogja. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa di bidang sintaksis yang terdapat pada surat kabar Tribun Jogja edisi November 2022. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini metode deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah surat kabar Tribun Jogja edisi November 2022 pada konteks berita umum. Hasil penelitian ditemukan bahwa di dalam surat kabar Tribun Jogja edisi November 2022 terdapat beberapa kesalahan sintaksis dalam bidang frasa dan kalimat. Kesalahan sintaksis dalam bidang frasa ditemukan karena adanya pengaruh bahasa daerah, susunan kata yang tidak tepat, penjamakan ganda, dan penggunaan bentuk superlatif yang berlebihan. Kesalahan sintaksis dalam bidang kalimat ditemukan karena adanya penggunaan istilah asing, kalimat tidak logis, kalimat tidak bersubjek, dan penggunaan konjungsi yang berlebihan.

Item Type: Other
Keyword: Kesalahan Berbahasa, Sintaksis, Berita, dan Surat Kabar
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: M.Pd. UAD Sudaryanto
Date Deposited: 23 Mar 2024 02:54
Last Modified: 23 Mar 2024 02:54
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61476

Actions (login required)

View Item View Item