Kesalahan Berbahasa Indonesia Tataran Ejaan pada Esai Mahasiswa PLP I PAI UAD 2020

Pinasthi, Urbana Dyah Putri and Sari Kusdiana, Febi and Diningrum, Ella Zulva and Devi, Pramudya and Nuratin, Annisa and Sudaryanto, Sudaryanto Kesalahan Berbahasa Indonesia Tataran Ejaan pada Esai Mahasiswa PLP I PAI UAD 2020. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi yang memiliki peranan penting di kehidupan sehari-hari. Dalam berbahasa indonesia masih terdapat banyaknya kesalahan pada tataran ejaan pada esai mahasiswa PLP 1 PAI UAD tahun 2020. Masalah pokok pada penelitian ini mengangkat kesalahan berbahasa Indonesia tataran ejaan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan berbahasa Indonesia tataran ejaan pada esai mahasiswa PLP 1 PAI UAD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan pengumpulan data yang digunakan adalah teknik sadap untuk menganalisis data esai mahasiswa PLP I PAI UAD tahun 2020. Metode dan teknik analisis data yang digunakan adalah Simak Bebas Libat Cakap (SBLC). Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) kesalahan berbahasa yang ditemukan dalam esai mahasiswa PLP I PAI UAD tahun 2020 meliputi kesalahan penulisan kata asing (6 kesalahan), kesalahan penulisan kata di (13 kesalahan), kesalahan penulisan huruf kapital (2 kesalahan), kesalahan penulisan kata depan (1 kesalahan), kesalahan penggunaan tanda baca koma (4 kesalahan), kesalahan penulisan akronim (1 kesalahan) dan kesalahan penyusunan kata (1 kesalahan).

Item Type: Other
Keyword: kesalahan berbahasa Indonesia, tataran ejaan, esai mahasiswa PLP I, PAI UAD
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: M.Pd. UAD Sudaryanto
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:56
Last Modified: 26 Mar 2024 03:56
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61512

Actions (login required)

View Item View Item