Kesalahan Berbahasa Indonesia Bidang Ejaan pada Artikel Surat Kabar Radar Jambi Edisi 10 April 2023

Pratiwi, Alya Rahayu and Ikrimah Laily, Tantri Widia and Khasanah, Umi and Rustiana, Yullia and Sudaryanto, Sudaryanto Kesalahan Berbahasa Indonesia Bidang Ejaan pada Artikel Surat Kabar Radar Jambi Edisi 10 April 2023. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD.

[thumbnail of ARTIKEL KEL. 10 - KESALAHAN EJAAN PADA ARTIKEL OPINI HARIAN RADAR JAMBI.pdf] Text
ARTIKEL KEL. 10 - KESALAHAN EJAAN PADA ARTIKEL OPINI HARIAN RADAR JAMBI.pdf

Download (275kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya kesalahan tataran ejaan pada rubrik artikel/opini surat kabar Radar Jambi edisi 10 April 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bentuk kesalahan ejaan dalam bidang bahasa Indonesia pada rubrik artikel/opini surat kabar Radar Jambi edisi 10 April 2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan catat. Objek penelitian ini adalah Surat Kabar Radar Jambi edisi 10 April 2023. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan melakukan re-duksi data untuk memilih data yang sesuai dengan bidang ejaan. Penelitian ini selanjutnya, melakukan penyajian data dengan menggunakan cara mendeskripsikan data. Lalu, langkah terakhir dalam penelitian ini adalah melakukan penarikan kesimpulan sesuai dengan ana-lisis kesalahan berbahasa pada bidang ejaan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat ti-ga belas data kesalahan penggunaan tanda baca, dua belas data kesalahan penggunaan huruf, empat data kesalahan penulisan kata, dan dua data kesalahan penulisan huruf miring pada rubrik artikel/opini surat kabar Radar Jambi edisi 10 April 2023.

Item Type: Other
Keyword: kesalahan berbahasa Indonesia, bidang ejaan, artikel surat kabar, Radar Jambi
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: M.Pd. UAD Sudaryanto
Date Deposited: 27 Mar 2024 01:28
Last Modified: 27 Mar 2024 01:28
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61513

Actions (login required)

View Item View Item