ANALISIS PENGENDALIAN MUTU KADAR AIR PADA PRODUK AKHIR TEH HITAM ORTHODOKS DI PT PERKEBUNAN NUSANTARA VIII KEBUN CIATER KAB. SUABANG JAWA BARAT

Putri, Ayuningtyas Mustika ANALISIS PENGENDALIAN MUTU KADAR AIR PADA PRODUK AKHIR TEH HITAM ORTHODOKS DI PT PERKEBUNAN NUSANTARA VIII KEBUN CIATER KAB. SUABANG JAWA BARAT. [Laporan KP]

[thumbnail of KP_1900033088_AYUNINGTYAS MUSTIKA baru.pdf] Text
KP_1900033088_AYUNINGTYAS MUSTIKA baru.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

PT Perkebunan Nusantara VIII Ciater Kab. Subang Prov. Jawa Barat merupakan salah satu perusahaan produsen teh hitam dengan sistem pengolahan teh hitam orthodoks. Pada tahap produksi teh dilakukan beberapa tahap pengendalian mutu. Salah satu pengendalian mutu teh hitam yang terdapat di PT Perkebunan Nusantara VIII Ciater yaitu uji kadar air.Uji kadar air merupakan salah satu dari parameter teh yang mempengaruhi pengemasan dan distribusi teh. Uji kadar air yang masih sering terjadi ketidaksesuaian dengan standar yang telah ditetapkan. Salah satu standar mutu teh hitam ialah kadar air dari teh yang diaman di PTPN VIII Kebun Ciater sendiri standar kadar produk teh hitamnya yaitu 4 sampai 4,5%. Parameter terbentuknya teh hitam yang memiliki kualitas baik ialah mutu kadar air bubuk teh yang memenuhi standar. Uji kadar air dapat dilakukan dengan moisture analyzer.
Berdasarkan hasil pengamatan dan pengujian kadar air teh hitam orthodoks diketahui bahwa pada kadar air teh hitam orthodoks jenis BP, Pfann, Pfann II, Dust, Dust II, dan PF II sesuai dengan SOP yang diterapkan oleh perusahaan. Usaha yang dapat dilakukan dalam mengatasi penyimpangan kadar air teh hitam orthodoks di PTPN VII Ciater ialah melaksanakan alur produksi yang sesuai SOP, memberikan pelatihan dan pemahaman pada karyawan terhadap pengendalian mutu teh, memperbaiki mesin dan peralatan yang tidak berfungsi, menjaga kelembapan ruangan dan memasang hygrometer, menguji kadar air pucuk layu, pucuh basah dan jenis teh mutu I dan II secara berkala, dan menjaga sanitasi seluruh yang terlibat dalam proses produksi teh.
Kata kunci: Teh hitam, Teh orthodoks,Mutu teh, Kadar air

Item Type: Laporan KP
Additional Information: LAPORAN KP
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: - Ayuningtyas Mustika Putri
Date Deposited: 06 Apr 2024 00:55
Last Modified: 06 Apr 2024 00:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61567

Actions (login required)

View Item View Item