Permatasari, Indah (2024) Penyusunan booklet keanekaragaman jenis tumbuhan tingkat tinggi penyusun Vegetasi Strata pohon di kawasan situs Gembirowati sebagai sumber belajar Biologi SMA kelas X Materi Keanekaragaman Hayati. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900008004_JUDUL__240328100030.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) | Request a copy |
|
Text (BAB I)
T1_1900008004_BAB_I__240328093243.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
T1_1900008004_BAB_II__240328093243.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900008004_BAB_III__240328093243.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900008004_BAB_IV__240328093243.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900008004_BAB_V__240328093243.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900008004_DAFTAR_PUSTAKA__240328093243.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 0)
T1_1900008004_BAB_0__240328093243.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Lingkungan dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Kawasan Situs Gembirowati dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar karena banyak ditumbuhi beranekaragam vegetasi tumbuhan, salah satunya yaitu strata pohon. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis tumbuhan penyusun vegetasi strata pohon yang berperan paling tinggi berdasarkan Indeks Nilai Penting (INP) di Kawasan Situs Gembirowati, menghitung Indeks Keanekaragaman jenis
tumbuhan penyusun vegetasi strata pohon, membandingkan keterkaitan antara kondisi lingkungan abiotik yang terukur dengan pola pengelompokan stand, analisis potensi keanekaragaman jenis tumbuhan penyusun vegetasi strata pohon
sebagai sumber belajar Biologi siswa SMA Kelas X pada materi keanekaragaman hayati, menilai booklet keanekaragaman jenis tumbuhan penyusun vegetasi strata pohon di Kawasan Situs Gembirowati layak digunakan sebagai sumber belajar
biologi siswa SMA kelas X pada materi keanekargaman hayati.
Penelitian dilakukan melalui tiga tahap. Tahap pertama yaitu penelitian eksplorasi, teknik pengumpulan data menggunakan metode Point Centered Quarter (PCQ) dengan garis transek 25 meter. Indeks keanekaragaman jenis tumbuhan strata pohon dihitung menggunakan rumus Shannon-Wienner dan keterkaitan kondisi lingkungan abiotik yang terukur dengan pola pengelompokkan stand strata pohon menggunakan analisis cluster. Tahap kedua yaitu analisis potensi sumber belajar biologi menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif
yang disesuaikan dengan prosedur pengangkatan hasil penelitian menjadi sumber belajar. Tahap ketiga yaitu hasil penelitian diaplikasikan dalam bidang pendidikan
menggunakan metode R&D yang dibatasi tahap ADD (Analysis, Design, Development). Analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif untuk mengetahui kualitas booklet.
Hasil penelitian menunjukkan jenis tumbuhan penyusun vegetasi strata pohon di Kawasan Situs Gembirowati yang memiliki Indeks Nilai Penting (INP) tertinggi adalah Cocos nucifera L. (50.0%). Indeks keanekaragaman jenis tumbuhan penyusun vegetasi strata pohon tergolong rendah berkisar (0,7-0,9) dan sedang berkisar (1,0-1,1). Kondisi lingkungan abiotik saling berkaitan dengan pola pengelompokkan stand tumbuhan strata pohon. Hasil penelitian berpotensi sebagai sumber belajar biologi dalam bentuk booklet. Booklet keanekaragaman hayati layak digunakan sebagai sumber belajar biologi siswa SMA Kelas X.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Keanekaragaman jenis, strata pohon, sumber belajar, booklet |
Subjects: | Q Science > QK Botany |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi) |
Depositing User: | userperpus5 userperpus5 |
Date Deposited: | 02 May 2024 04:28 |
Last Modified: | 02 May 2024 04:28 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61897 |
Actions (login required)
View Item |