Ikhsan Nur Falah, Muhammad (2024) Pemodelan asset 3D game “Spirit Call’s” sebagai media pembelajaran interaktif sejarah budaya Indonesia untuk tingkat SMA. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900018191_JUDUL__240328084826.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900018191_BAB_I__240328084826.pdf Download (613kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900018191_BAB_II__240328084826.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900018191_BAB_III__240328084826.pdf Restricted to Registered users only Download (942kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900018191_BAB_IV__240328084826.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900018191_BAB_V__240328084826.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900018191_DAFTAR_PUSTAKA__240328084826.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900018191_LAMPIRAN__240328084826.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900018191_NASKAH_PUBLIKASI__240328084826.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Game Spirit Call’s adalah game ber-genre historicaldan puzzle yang diadaptasi dari Novel yang
berjudul Max Havelaar – Multatuli. Pemain diminta untuk mengerjakan suatu “Quest” yang nantinya
akan menjadi bagian dari cerita Sejarah. Dalam pembuatan sebuah game tentunya membutuhkan
sumber daya yang disebut dengan asset. Diperlukan asset environment dan karakter 3D yang
berkualitas agar pemain tertarik dan dapat mengenali game sejarah tersebut dengan baik, asset
environment dan karakter 3D yang baik ini dapat mempengaruhi daya tarik visual dan pengalaman
pemain, memahami siapa karakternya dan di mana ceritanya berlangsung, dan memicu reaksi
emosional dari pemain. Untuk memenuhi kebutuhan sumber daya dalam pengembangan game Spirit
Call’s, maka dilakukan pembuatan asset environment dan karakter 3D pada game Spirit Call’s.
Pembuatan asset environment dan karakter 3D pada game ini dibuat menggunakan software Adobe
Photoshop dan Blender.
Metode dalam penelitian ini adalah Game Development Life Cycle (GDLC). Game Development
Life Cycle mencakup serangkaian tahapan yaitu, perencanaan, perancangan, pengembangan,
pengujian, dan distribusi. Game Development Life Cycle (GDLC) terdiri dari 5 fase pengembangan,
dimulai dari fase initiation (pembuatan konsep), pre-production, production, testing, dan release. Pada
tahap testing akan dilakukan alpha testing dan uji pemodelan untuk melihat kualitas dan tingkat
kemiripan asset environment dan karakter 3D apakah sesuai dengan referensi yang ada.
Pengujian yang dilakukan pada karakter 3D dan environment yaitu alpha testing oleh
responden dan uji kualitas pemodelan oleh guru Sejarah. Dari pengujian alpha testing terhadap
responden diperoleh hasil Sangat Setuju 39,2% dan Setuju 56,1%, terhadap 2 responden yang
berjumlah 65 pertanyaan, maka dapat disimpulkan bahwa pengujian tersebut dapat diterima dan
sudah memenuhi konsep game yang telah dirancang. Sedangkan dari pengujian kualitas pemodelan
dari 53 pertanyaan yang telah dijawab diperoleh hasil sebagai berikut; 11 hasil SS (Sangat Setuju) ,40
hasil S (Setuju), dan 1 hasil N (netral). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan hasil penilaian uji
kualitas pemodelan asset dapat disetujui dan baik dari karakter ataupun environmentmemiliki kualitas
yang layak untuk dijadikan asset ke dalam game Spirit Call’s.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Asset 3D; game development life cycle; game edukasi; pemodelan asset 3D |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 11 May 2024 07:40 |
Last Modified: | 11 May 2024 07:40 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61964 |
Actions (login required)
View Item |