Azzahro, Tazkiyatun Nafs Salsabila Azzahro (2024) Hubungan antara dukungan sosial guru dengan optimisme masa depan siswa kelas XII SMA Boarding School di Mungkid, Magelang. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900013353_JUDUL__240422020616.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (BAB I)
T1_1900013353_BAB_I__240422020616.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
T1_1900013353_BAB_II__240422020616.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900013353_BAB_III__240422020616.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900013353_BAB_IV__240422020616.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900013353_BAB_V__240422020616.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900013353_DAFTAR_PUSTAKA__240422020616.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900013353_LAMPIRAN__240422020616.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900013353_NASKAH_PUBLIKASI__240422020617.pdf Restricted to Registered users only Download (981kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial guru dengan optimisme masa depan pada siswa kelas XII SMA boarding school di Mungkid, Magelang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XII sebanyak 218 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat ukur berupa skala dukungan sosial guru, dan skala optimisme masa depan. Teknik analisis data menggunakan analisis product moment. Hasil penelitian ini didapatkan koefisien korelasi sebesar r = 0,282 dengan taraf signifikansi sebesar p = 0,000 (p<0,01) yang artinya terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial guru dengan optimisme masa depan pada siswa kelas XII SMA boarding school di Mungkid, Magelang. Dukungan sosial yang diberikan oleh guru dapat meningkatkan optimisme masa depan siswa. Dukungan sosial guru memberikan sumbangan efektif sebesar 7,95% terhadap optimisme masa depan siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Boarding school, dukungan sosial guru, optimisme masa depan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi) |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 08:56 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 08:56 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62016 |
Actions (login required)
View Item |