Vernanda, Bella (2024) Pengaruh customer experience terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan sebagai variabel intervening (studi kasus pada pengguna Shopee di Daerah Istimewa Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000011210_JUDUL__240306125129.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000011210_BAB_I__240306125129.pdf Download (285kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000011210_BAB_II__240306125129.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000011210_BAB_III__240306125129.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000011210_BAB_IV__240306125129.pdf Restricted to Registered users only Download (762kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000011210_BAB_V__240306125129.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000011210_DAFTAR_PUSTAKA__240306125129.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000011210_LAMPIRAN__240306125129.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000011210_NASKAH_PUBLIKASI__240306125129.pdf Restricted to Registered users only Download (826kB) | Request a copy |
Abstract
PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
(Studi Kasus Pada Pengguna Shopee di Daerah Istimewa Yogyakarta)
ABSTRAK
Perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih seiring meningkatnya penggunaan internet oleh masyarakat. Saat ini, internet tidak hanya digunakan sebagai media informasi saja tetapi juga digunakan untuk media bisnis online melalui layanan berbasis website. Bisnis online sering disebut dengan perdagangan elektronik atau e-commerce. Salah satu perusahaan e-commerce yang ada di Indonesia adalah Shopee. Shopee menawarkan pengalaman belanja online dengan pilihan produk yang beragam serta memberi pelayanan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh customer experience (X) terhadap loyalitas pelanggan (Y) melalui kepuasan (Z) sebagai variabel intervening (studi kasus pada pengguna Shopee di Daerah Istimewa Yogyakarta). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel adalah 100 responden pengguna Shopee di DIY. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form dengan skala likert 1-5. Analisis data menggunakan outer model, inner model, uji hipotesis dan uji mediasi menggunakan SmartPLS versi v.4.0.9.8.
Hasil menunjukkan bahwa customer experience memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t statistik 22,040 > t tabel 1,984, kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai t statistik 6,754 > t tabel 1,984, customer experience secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai t statistik 0,420 < t> t tabel 1,984. Saran untuk penelitian selanjutnya agar menambahkan variabel-variabel yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan, seperti variabel kepercayaan, komitmen dan nilai pelanggan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Customer experience, loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Economics (Fakultas Ekonomi) > S1-Management (S1 Manajemen) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 11 May 2024 07:41 |
Last Modified: | 11 May 2024 07:41 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62162 |
Actions (login required)
View Item |