Putri, Arum Kusuma (2024) Representasi isu pencemaran lingkungan dalam iklan sirup marjan tahun 2023. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900030176_JUDUL__240323103519.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) | Request a copy |
|
Text (BAB I)
T1_1900030176_BAB_I__240323103520.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
T1_1900030176_BAB_II__240323103520.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900030176_BAB_III__240323103520.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900030176_BAB_IV__240323103520.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900030176_DAFTAR_PUSTAKA__240323103520.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900030176_NASKAH_PUBLIKASI__240323103520.pdf Download (194kB) |
Abstract
Iklan merupakan suatu bentuk informasi produk maupun jasa dari produsen kepada konsumen seperti penyampaian pesan dari sponsor melalui media. Iklan ditayangkan untuk membentuk kesadaran audiens mengenai keberadaan suatu produk. Seperti Marjan, yang memiliki daya tarik tersendiri untuk mengiklankan produknya. Konsep iklan secara storytelling membuat iklan marjan dikenal dengan iklan penyambut bulan Ramadhan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan model penelitian analisis semiotik John Fiske, menggunakan teori The Codes of Television yang memiliki tiga tingkatan proses pengkodean, yaitu tingkat realitas, tingkat representasi, dan tingkat ideologi. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan studi pustaka. teknik vlidasi data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah dalam iklan sirup Marjan 2023, mengangkat isu sosial berupa kontaminasi ligkungan yang masih sering terjadi disekitar. peran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dan laut masih kurang. Mereka benar-benar menyumbangkan sampah plastik ke laut. Sampah plastik yang berakhir di laut dapat menyebabkan pencemaran laut dan membahayakan ekosistem laut. Naga dalam iklan digambarkan sebagai bencana yang disebabkan oleh perilaku manusia. Dengan demikian, strategi pemasaran yang dilakukan Marjan melalui media televisi berupa iklan dengan mengangkat tema pencemaran lingkungan, terutama pencemaran laut untuk menyampaikan suatu pesan kepada khalayak untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | iklan marjan, john fiske, pencemaran lingkungan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HF Commerce |
Divisi / Prodi: | Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-ilmu komunikasi |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 08:48 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 08:48 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62254 |
Actions (login required)
View Item |