Fitriani, Resti (2024) Implementasi shalat dhuha dalam meningkatkan karaktar religius siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pagalaram. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031268_JUDUL__240323095846.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031268_BAB_I__240323095847.pdf Download (486kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031268_BAB_II__240323095847.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900031268_BAB_III__240323095847.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031268_BAB_IV__240323095847.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900031268_BAB_V__240323095847.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031268_DAFTAR_PUSTAKA__240323095847.pdf Download (366kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031268_LAMPIRAN__240324040628.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900031268_NASKAH_PUBLIKASI__240324041548.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Shalat Dhuha dalam Pembentukan Karakter Religius Anak dengan cara melaksanakkan program pelaksanaan Shalat Dhuha.
Jenis penelitian pada skripsi ini adalah penelitian kualitatif, yang lebih menekankan analisis pada proses penyimpulan induktif. Pendekatan yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan deskriptif, keadaan yang diuraikan dalam penelitian ini adalah implementasi Shalat Dhuha dalam pembentukan karakter siswa di SMA Negeri 4 Pagaralam. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukkan Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan: (1) Pelaksanaan program pembiasaan Shalat Dhuha di SMA Negeri 4 Pagaralam di laksanakan yang wajib disetiap hari jum’at,akan tetapi setiap hari senin,selasa,rabu, dan kamis tidak diwajibkan. Guru pendamping dan guru wali kelas memantau dan mendampingi dari awal pelaksanaan sampai selesai pelaksanaan dan juga dilaksanakan secara mandiri setiap hari. (2) Dampak pembentukan Karakter siswa di SMA Negeri 4 terhadap pembiasaan Shalat Dhuha dapat dikatakan cukup baik. Hal ini ditandai dengan perubahan perilaku positif. Perubahan itu terlihat: pertama, siswa memiliki akhlak yang baik terhadap Allah SWT, terhadap Al-Qur‟an dan terhadap teman. Kedua, sifat agamisnya meningkat. Ketiga, kepribadiannya kearah yang lebih positif. (3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembiasaan shalat Dhuha dalam pembinaan akhlak. (1) faktor pendukung. Adapun faktor pendukungnya adalah motivasi dari guru dan orang tua, kesadaran dan antusiasme siswa itu sendiri dan adanya sarana dan prasarana yang cukup.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Implementasi, Shalat Dhuha, SMA Negeri 4 Pagaralam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus5 userperpus5 |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 04:25 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 04:25 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62295 |
Actions (login required)
View Item |