Utama, Farhan Ichsan (2024) Penerapan metode Yanbu'a pada pembelajaran baca tulis Al-Qur'an di Madrasah Aliyah Attaqwa Putra Bekasi Utara. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031227_JUDUL__240325120532.pdf Download (5MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031227_BAB_I__240325120532.pdf Download (720kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031227_BAB_II__240325120532.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
|
Text (BAB III)
T1_1900031227_BAB_III__240325120532.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031227_BAB_IV__240325120532.pdf Restricted to Registered users only Download (859kB) |
|
Text (BAB V)
T1_1900031227_BAB_V__240325120532.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031227_DAFTAR_PUSTAKA__240325120532.pdf Download (437kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031227_LAMPIRAN__240325120532.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Adanya masalah yang muncul saat ini dalam proses pembelajaran Al-Qur'an bagi siswa di lembaga pendidikan keagamaan, termasuk TPQ dan sekolah/madrasah, adalah kurangnya kelancaran dan membaca Al-Qur'an yang baik dan benar sesuai hukumnya. Oleh karena itu, diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni metode Yanbu’a. Salah satu lembaga yang sudah menerapkan metode Yanbu’a dalam pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Quran adalah MA Attaqwa Putra. Sehingga Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode Yanbu’a diterapkan di MA. Attaqwa Putra serta mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam proses penerapannya.
Penelitian ini merupakan studi lapangan yang menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Attaqwa Putra Bekasi Utara. Metode pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, analisis data dilakukan melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dijamin melalui penggunaan triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian mengenai penerapan Metode Yanbu’a di MA. Attaqwa Putra dapat dibagi menjadi tiga aspek yakni pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Penerapan metode Yanbu’a di MA. Attaqwa Putra, hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar santri mampu membaca dengan lancar dan benar sesuai dengan makhorijul huruf dan tajwid. Keberhasilan ini didukung oleh faktor-faktor seperti pengajar yang kompeten, latar belakang santri, dan fasilitas yang memadai. Namun, beberapa hambatan juga ditemui, seperti kehadiran santri dan beberapa santri yang masih mengalami kesulitan dalam membaca atau tertinggal dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | matode yanbu'a, pembelajaran al-qur'an |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | user fk |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 03:58 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 03:58 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62366 |
Actions (login required)
View Item |