Aditama, Yoga (2024) Pengenalan budaya Provinsi Jambi dengan virtual reality. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900018009_JUDUL__240323111101.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900018009_BAB_I__240323111101.pdf Download (198kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900018009_BAB_II__240323111101.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900018009_BAB_III__240323111101.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900018009_BAB_IV__240323111101.pdf Restricted to Registered users only Download (972kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900018009_BAB_V__240323111101.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900018009_DAFTAR_PUSTAKA__240323111101.pdf Download (192kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900018009_LAMPIRAN__240323111101.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) | Request a copy |
Abstract
Budaya Jambi merupakan kebudayaan yang dihasilkan dari aktivitas masyarakat melayu Jambi. Budaya ini menjadi identitas daerah tersebut. Namun, perkembangan teknologi yang cepat pada era globalisasi ini membuat budaya asing masuk ke Indonesia dengan mudah. Akibatnya, budaya lokal mengalami degradasi dan tidak eksis lagi di masyarakat. Karena itu, perlu adanya media informasi yang menarik untuk mengenalkan budaya Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk membangun media informasi ini dengan menggunakan virtual reality. Teknologi ini memungkinkan penyampaian informasi menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga penyampaian informasi akan lebih efektif.
Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Metode ini biasa digunakan untuk pengembangan aplikasi yang berisikan media gambar, suara, video, animasi, dan lainnya. Metode ini terdiri dari 6 tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assemblyy, testing, dan distribution.
Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi Virtual Reality yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya Jambi, dengan harapan dapat melestarikan dan mempertahankan eksistensi budaya tersebut. Pengujian aplikasi menggunakan Black Box dan Single Ease Question(SEQ). Pengujian SEQ dilakukan bersama 15 responden menghasilkan nilai rata-rata 6.3 yang berarti aplikasi mudah untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | budaya, jambi, multimedia development life cycle, virtual reality |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika) |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 01:23 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 01:23 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62423 |
Actions (login required)
View Item |