Rancang Bangun Sistem Informasi Reservasi Pariwisata Watugupit Berbasis Website

Putra, Alfian Cahya (2024) Rancang Bangun Sistem Informasi Reservasi Pariwisata Watugupit Berbasis Website. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900018128_JUDUL__240307105845.pdf

Download (881kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900018128_BAB_I__240307105846.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900018128_BAB_II__240307105846.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900018128_BAB_III__240307105846.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900018128_BAB_IV__240307105846.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900018128_BAB_V__240307105846.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900018128_DAFTAR_PUSTAKA__240307105847.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900018128_NASKAH_PUBLIKASI__240307105847.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang mempunyai daya tarik bagi para wisatawan. Kabupaten ini memiliki banyak lokasi pariwisata yang potensial salah satunya yaitu daerah wisata Watugupit. Terdapat beberapa masalah di tempat wisata seperti pengelolaan tiket yang masih dicetak meningkatkan limbah kertas di lingkungan wisata. Tiket yang masih dicetak juga menyebabkan kehilangan tiket oleh wisatawan. Selain itu, antrian saat pembayaran tiket yang membutuhkan proses menyebabkan kemacetan antrian karena kurangnya pengembangan pada bidang pariwisata yang menyediakan informasi tentang reservasi pariwisata Watugupit yang menangani pencatatan dan pengolahan data dari reservasi, juga mengurai kepadatan antrean kepadatan pengunjung wisatawan di area pariwisata.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Waterfall. Metode Waterfall merupakan model yang dikembangkan untuk pengembangan perangkat lunak. Model ini berkembang secara sistematis dari satu tahap ke tahap lain dalam mode seperti air terjun. Model Waterfall ini mengusulkan suatu pendekatan kepada pengembangan software yang sistematik dan sekuensial mulai dari tingkat kemajuan sistem pada seluruh analisis, desain, kode, hingga pengujian.

Hasil penelitian ini menghasilkan sistem informasi reservasi pada pengelola pariwisata Watgupit untuk mengorganisir serta mengelola administrasi wisatawan yang berkunjung. Dengan sistem informasi reservasi wisatawan dapat melakukan pemesanan tempat wisata sesuai dengan keinginan. Dibuatnya sistem informasi reservasi ini juga diharapkan dapat mengurai kepadatan antrean yang ada di area wisata. Selain itu, sistem informasi reservasi Watugupit telah melalui pengujian system usability scale (SUS) dan blackbox Testing.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: sistem informasi, reservasi, metode waterfall, black box testing
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:50
Last Modified: 26 Apr 2024 08:50
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62450

Actions (login required)

View Item View Item