Keefektifan layanan konseling kelompok teknik self management untuk mereduksi nomophobia pada siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta

Yuniar, Kartika (2024) Keefektifan layanan konseling kelompok teknik self management untuk mereduksi nomophobia pada siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000001046_JUDUL__240325010150.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000001046_BAB_I__240325010150.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000001046_BAB_II__240325010150.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000001046_BAB_III__240325010150.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000001046_BAB_IV__240325010150.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000001046_BAB_V__240325010150.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001046_DAFTAR_PUSTAKA__240325010150.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000001046_LAMPIRAN__240325010150.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena di sekolah yang menggambarkan ada beberapa siswa yang mengalami nomophobia, atau bisa disebut dengan kecemasan yang terlalu berlebihan saat siswa tidak mengoperasikan smartphone. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi dan wawancara di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta, bahwasanya masih ada siswa yang mengoperasikan smartphone melebihi batas waktu yang ditentukan, sehingga prestasi belajarnya menurun akibat tidak bisa mengatur waktu yang baik antara bermain smartphone dengan belajar. Maka dari itu, tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mereduksi perilaku nomophobia siswa dengan layanan konseling kelompok teknik self management.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Pre-Eksperimental Design dengan menggunakan model One Group Pretest Posttest Design. Penelitian dilakukan di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Subjek penelitian adalah kelas X dan menggunakan purposive sampling untuk pengambilan subjeknya yaitu sejumlah 6 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala nomophobia yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil validitas instrumen menunjukkan bahwa dari 32 item terdapat 7 item butir pernyataan yang tidak valid menghasilkan 25 item valid. Sedangkan uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach 0.872, menunjukan bahwa skala nomophobia reliabel. Analisis data menggunakan uji Paired Sample t-test.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil rata rata pretest 75 dan posttest 60 sehingga penurunan nomophobia siswa sebesar 20% setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik self management. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample t-test diperoleh Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0.001 < a (0,05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima menunjukan adanya penurunan yang signifikan antara tingkat perilaku nomophobia siswa sebelum dan sesudah diberikannya layanan konseling kelompok menggunakan teknik self management. Berdasarkan hasil temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok teknik self management efektif dalam mereduksi nomophobia siswa kelas X SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Konseling kelompok, self management, nomophobia
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 27 Apr 2024 07:56
Last Modified: 27 Apr 2024 07:56
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62455

Actions (login required)

View Item View Item