Intan, Nur (2024) Hubungan sikap mengajar guru dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 9 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000013346_JUDUL__240316104320.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB I)
T1_2000013346_BAB_I__240316104321.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
T1_2000013346_BAB_II__240316104321.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000013346_BAB_III__240316104321.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000013346_BAB_IV__240316104321.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000013346_BAB_V__240316104321.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000013346_DAFTAR_PUSTAKA__240316104321.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000013346_LAMPIRAN__240316104321.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000013346_NASKAH_PUBLIKASI__240316104416.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara sikap mengajar guru dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 9 Yogyakarta. Subjek penelitian yang dilibatkan adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 117 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kuantitatif menggunakan nilai presatasi belajar, skala sikap mengajar guru (35 aitem) dan skala motivasi belajar (25 aitem) sebagai alat pengumpulan data. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, sedangkan proses analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan program Statistical Product and Service Sollution (SPSS) 25.0 for windows. Hasil analisis uji hipotesis mayor menunjukan bahwa koefisien® sebesar 0,294 dengan taraf signifikan p=0,006 (p < 0,01), artinya terdapat hubungan yang sangat signifikan antara sikap mengajar guru dan motivasi belajar dengan prestasi belajar. Hasil hipotesis minor pertama menunjukan bahwa sikap mengajar guru dengan prestasi belajar memiliki taraf signifikansi (p) sebesar 0,012 (p < 0,05) yang berarti signifikan, artinya ada hubungan yang positif dan signifikan antara sikap mengajar guru dengan prestasi belajar siswa. Hasil hipotesis minor kedua menunjukan bahwa motivasi belajar dengan prestasi belajar memiliki taraf signifikansi (p) sebesar 0,002 (p < 0,01) yang berarti sangat signifikan, artinya terdapat hubungan positif yang sangat signifkan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara sikap mengajar guru dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 9 Yogyakarta dengan hasil sumbangan efektif sebesar 8,654%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Motivasi belajar, prestasi belajar, sikap mengajar guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi) |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 14 May 2024 07:11 |
Last Modified: | 14 May 2024 07:11 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62891 |
Actions (login required)
View Item |