Maretha, Dinda Genius Anggun (2024) Pengembangan e-LKM Berbasis Problem Based Learning untuk Mencapai Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2207050005_JUDUL__240321021119.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB I)
T2_2207050005_BAB_I__240321021119.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
T2_2207050005_BAB_II__240321021119.pdf Restricted to Repository staff only Download (757kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2207050005_BAB_III__240321021119.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2207050005_BAB_IV__240321021119.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2207050005_BAB_V__240321021120.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2207050005_DAFTAR_PUSTAKA__240321021120.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T2_2207050005_LAMPIRAN__240321021120.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya penelitian berpikir kritis yang dilakukan di tingkat perguruan tinggi. Serta kurangnya kesempatan untuk melatih keterampilan berpikir kritis pada mata kuliah materi pembelajaran matematika SD. membuat peneliti tertarik melakukan penelitian pengembangan e-LKM berbasis Problem Based Learning untuk mencapai berpikir kritis mahasiswa PGSD. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui prosedur pengembangan e-LKM untuk mencapai berpikir kritis mahasiswa PGSD, (2) Mengetahui kevalidan e-LKM untuk mencapai berpikir kritis mahasiswa PGSD, (3) Mengetahui kepraktisan e-LKM untuk mencapai berpikir kritis mahasiswa PGSD, dan (4) Mengetahui keefektifan e-LKM untuk mencapai berpikir kritis mahasiswa PGSD.
Jenis Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development). Untuk penelitian ini, model pengembangan yang dipilih adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, and Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini ialah observasi, lembar angket untuk ahli media, ahli materi, dan respon mahasiswa serta tes. Penelitian ini dilakukan di program studi PGSD Universitas Ahmad Dahlan dimana uji coba kelas kecil berjumlah 13 mahasiswa dan uji coba kelas besar berjumlah 26 peserta didik. Kedua uji coba ini dilakukan dengan mahasiswa angkatan 2022 kelas D.
Hasil penilaian ahli materi dan ahli media menunjukan bahwa e-LKM berbasis Problem Based Learning untuk mencapai berpikir kritis mahasiswa PGSD masuk dalam kategori sangat baik dan baik dari segi kevalidannya. Sedangkan dari hasil uji pada kelas kecil maupun kelas besar, e-LKM jug mendapat kategori sangat baik ditinjau dari segi kepraktisannya. Selanjutnya segi keefektifan e-LKM ditinjau melalui hasil tes mahasiswa yang menunjukkan peningkatan dari sebelum pembelajaran dimulai hingga akhir pembelajaran, dari hanya 67,8% menjadi 92,3% mahasiswa yang tuntas, juga menegaskan efektivitas e-LKM dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | pengembangan, ADDIE, e-LKM, matematika SD, problem based learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 04 May 2024 06:02 |
Last Modified: | 04 May 2024 06:02 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63093 |
Actions (login required)
View Item |