Implementasi Pendidikan Antikorupsi Melalui Nilai Kepedulian Sosial dan Lingkungan di Sekolah Dasar

Suyitno, Suyitno (2023) Implementasi Pendidikan Antikorupsi Melalui Nilai Kepedulian Sosial dan Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. ISSN e-ISSN: 2614-0039

[thumbnail of Implementasi Pendidikan Antikorupsi Melalui Nilai Kepedulian Sosial dan Lingkungan di Sekolah Dasar.pdf] Text
Implementasi Pendidikan Antikorupsi Melalui Nilai Kepedulian Sosial dan Lingkungan di Sekolah Dasar.pdf

Download (416kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan antikorupsi berdasarkan nilai kepedulian sosial dan kepedulian lingkungan serta mengetahui faktor penghambat dan pendukungnya. Narasumber penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, 2 guru kelas, 4 peserta didik, dan 4 wali murid SD Muhammadiyah Kayen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif
dengan pendekatan studi kasus. Data disajikan secara deskriptif dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peserta didik
telah mengimplementasikan nilai kepedulian sosial dengan menerapkan dan meMbiasakan tolong menolong, tenggang rasa, toleransi, aksi sosial dan akhlak mulia. 2) peserta didik telah mengimplementasikan nilai kepedulian lingkungan dengan
meenyiram toilet, membuang sampah pada tempatnya, dan ikut memelihara tanaman sekolah. 3) faktor penghambat pendidikan karakter nilai kepedulian sosial dan lingkungan dibagi menjadi 2, yaitu faktor internal berupa renovasi sekolah, kurangnya komunikasi antara guru dan wali murid, dan keterbatasan waktu akibat covid-19. 4) faktor pendukung internal pendidikan karakter nilai kepedulian sosial dan kepedulian lingkungan adalah sekolah, guru, peserta didik, dan muatan kurikulum, sedangkan faktor eksternya adalah wali murid. Simpulan penelitian adalah nilai antikorupsi melalui nilai kepedulian sosial dan kepedulian lingkungan telah ada

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: M.Pd Suyitno -
Date Deposited: 11 May 2024 02:12
Last Modified: 11 May 2024 02:12
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63226

Actions (login required)

View Item View Item