Pemanfaatan teknologi informasi pada pembelajaran praktik di sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan

Fachri, Fandi Faisya (2024) Pemanfaatan teknologi informasi pada pembelajaran praktik di sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2108049033_JUDUL__240219105723.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2108049033_BAB_I__240216093627.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2108049033_BAB_II__240216093627.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2108049033_BAB_III__240216093627.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2108049033_BAB_IV__240216093627.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2108049033_BAB_V__240216093627.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2108049033_DAFTAR_PUSTAKA__240216093627.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian yaitu, menganalisis; (1) kesesuaian latar belakang pendidikan guru produktif kompetensi keahlian unggulan di tiga SMK PK dengan tugas mengajar, (2) kemampuan guru produktif kompetensi keahlian unggulan di tiga SMK PK dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi, dan (3) menemukan hambatan guru produktif kompetensi keahlian unggulan di tiga SMK PK dalam membuat media pembelajaran berbasis TIK.
Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Langkah penelian meliputi; identifikasi masalah, pembatasan masalah, penetapan fokus masalah, pelaksanaan penelitian, pengolahan data, dan pelaporan hasil penelitian. Subjek penelitian; kepala sekolah, guru, dan kepala tata usaha. Objek penelitian pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi di Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampel penelitian adalah guru produktif; kompetensi keahlian unggulan broadcasting dan perfileman SMK PK Muhammadiyah Prambanan Sleman, kompetensi keahlian unggulan animasi SMK PK Muhammadiyah 1 Kota Yogyakarta, dan kompetensi keahlian unggulan teknik pemesinan SMK PK Muhammadiyah 1 Playen Gunung Kidul. Penelitian menggunakan populasi guru produktif kompetensi keahlian unggulan.
Hasil penelitian; (1) latar belakang pendidikan guru produktif kompetensi keahlian unggulan di tiga SMK PK sesuai dengan tugas mengajar, dengan rincian; (a) kualifikasi akademik guru produktif kompetensi keahlian unggulan di tiga SMK PK 100% memenuhi persyaratan pasal 9, UU No. 14/2005 tentang Guru dan Dosen, (b) latar belakang pendidikan guru sesuai tugas mengajar berjumlah 16 guru (94,12%) tidak sesuai berjumlah satu guru (5,88%), dan (c) beban mengajar guru produktif kompetensi keahlian unggulan di tiga SMK PK 100% memenuhi persyaratan Permendikbud No. 15/2018. (2) kompetensi guru produktif di tiga SMK PK dalam level baik, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, analisis kompetensi meliputi; enam guru (35,29%) berlevel dasar, delapan guru (47,06%) berlevel menengah, dan tiga (17,65%) guru berlevel mahir. Dalam proses pembelajaran praktik; semua guru produktif (100%) menggunakan power point, 11 guru (64,71%) memanfaatkan animasi, empat (23,53%) guru menggunakan moodle, 1 (5,88%) guru memanfaatkan Debian, 1 (5,88%) guru memanfaatkan Ngix, dan 1 (5,88%) guru memanfaatkan PHP. (3) hambatan guru produktif dalam membuat media pembelajaran berbasis TIK, antara lain; kurangnya fasilitas 17,65%, kurangnya penguasaan TIK 17,65%, kurangnya waktu pembuatan media 31,18%, dan 23,53% karena alasan lain. Temuan lain; terdapat perbedaan level pengetahuan teknologi informasi dan kemampuan memanfaatkan media pembelajaran antara guru berlatar belakang TIK dengan guru non-TIK.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: Smk, media pembelajaran, teknologi informasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LF Individual institutions (Europe)
Depositing User: userperpus1 userperpus1
Date Deposited: 11 May 2024 07:46
Last Modified: 11 May 2024 07:46
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63270

Actions (login required)

View Item View Item