Widyakunthaningrum, Tiara (2024) Analisis perbandingan sistem pendukung keputusan untuk penentuan kelas unggulan menggunakan metode WP dan SAW. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2007048005_JUDUL__240510095610.pdf Download (972kB) |
|
Text (BAB I)
T2_2007048005_BAB_I__240507103609.pdf Download (523kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2007048005_BAB_II__240507103609.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2007048005_BAB_III__240507103609.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2007048005_BAB_IV__240507103609.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2007048005_BAB_V__240507103609.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2007048005_DAFTAR_PUSTAKA__240507103609.pdf Download (113kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2007048005_LAMPIRAN__240507103609.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T2_2007048005_NASKAH_PUBLIKASI__240507103609.pdf Download (197kB) |
Abstract
Kelas Unggulan terdiri dari siswa-siswa yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata
dan dikelompokkan secara spesifik. Tujuan dari pengelompokan ini adalah untuk
memastikan bahwa setiap kelas memiliki siswa dengan kemampuan belajar yang
seimbang sehingga guru dapat menyesuaikan metode pengajaran dengan
kemampuan siswa di setiap kelas. Diharapkan materi pembelajaran dapat dipahami
dengan optimal oleh siswa. Metode yang dapat digunakan antara lain Weighted
Product (WP) dan Simple Additive Weighting (SAW).
Penelitian ini dilakukan sistem pendukung keputusan menggunakan metode WP,
SAW, dan kombinasi kedua metode. Perhitungan secara manual dilakukan
menggunakan Ms Excel. Sistem digunakan untuk menentukan pembobotan setiap
kriteria dan menentukan nilai ranking pada setiap alternatif dengan bobot yang telah
ditentukan. Penentuan kelas unggulan menggunakan lima kriteria, yaitu nilai raport,
nilai raport UN, nilai tes psikotes, nilai wawancara, dan kehadiran.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua metode yaitu WP dan SAW
mempunyai hasil siswa yang masuk kekelas unggulan sejumlah 20 siswa yang
sesuai kedua metode dengan akurasi 100�n nilai tertinggi diraih oleh A1 sebagai
peringkat 1, sedangkan nilai terendah diraih oleh A9 sebagai peringkat 40. Kedua
metode memiliki urutan ranking yang serupa ketika menggunakan ranking yang
dihasilkan dari metode kombinasi. Kesesuaian data antara ranking yang diberikan
oleh kedua metode ini dan peringkat yang dihasilkan dari metode kombinasi diuji
terhadap 40 alternatif siswa dan hasilnya menunjukkan tingkat kesesuaian sebesar
40%.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | sistem pendidikan keputusan, wp, saw, kelas unggulan |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Master of Technology Informatica (Magister Teknologi Informatika) |
Depositing User: | user fk |
Date Deposited: | 13 May 2024 02:08 |
Last Modified: | 13 May 2024 02:08 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63281 |
Actions (login required)
View Item |