PRODUK BUDAYA POPULAR SEBAGAI STIMULUS PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI (Studi Kasus Fenomena “Goyang Cesar”)

Heni, Siswantari PRODUK BUDAYA POPULAR SEBAGAI STIMULUS PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI (Studi Kasus Fenomena “Goyang Cesar”). prosiding seminar nasional pendidikan seni UNNES. (Unpublished)

[thumbnail of makalah pendidikan seni oleh heni siswantari.doc] Text
makalah pendidikan seni oleh heni siswantari.doc
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)

Abstract

Munculnya tayangan di televisi yang kurang mendidik dapat ditanggulangi dengan kemasan yang lebih edukatif melalui bidang pendidikan. “Goyang cesar” merupakan salah satu produk budaya popular yang bersifat attractiveness atau menarik perhatian anak, oleh karena itu dapat dijadikan stimulus untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini. Pengalaman estetik anak melalui tayangan “goyang cesar” di kemas dalam materi pembelajaran seni yang menarik sehingga mengalihkan perhatian anak terhadap aksi bullying dalam rangkaian acara YKS. Bentuk kreativitas dapat dilihat dari respon gerak anak terhadap musik sejenis yang diberikan setelah melewati stimulus gerak “goyang cesar” secara kolektif di dalam kelas. Pengajar seni PAUD hendaknya mempelajari beberapa bidang seni sehingga materi yang diajarkan lebih bervariasi dan bersifat kontekstual.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Heni Siswantari
Date Deposited: 20 May 2017 03:14
Last Modified: 20 May 2017 03:14
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/6358

Actions (login required)

View Item View Item