Rensianawati, Erlin (2024) Hubungan antara dukungan sosial orang tua dan kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 9 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900013335_JUDUL__240522011651.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) | Request a copy |
|
Text (BAB I)
T1_1900013335_BAB_I__240522080756.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
T1_1900013335_BAB_II__240522080756.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900013335_BAB_III__240522080756.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900013335_BAB_IV__240522080756.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900013335_BAB_V__240522080756.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900013335_DAFTAR_PUSTAKA__240522080756.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900013335_LAMPIRAN__240522080756.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900013335_NASKAH_PUBLIKASI__240522080756.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan dukungan sosial
orang tua dan kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri
9 Yogyakarta. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IX dengan jumlah
responden sebanyak 109 siswa. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif, pengumpulan data dilakukan menggunakan skala dukungan
sosial orang tua, skala kepercayaan diri dan hasil penilaian akhir semester
1 tahun ajaran 2023/2024. Data dianalisis menggunakan teknik analisis
regresi linear berganda menggunakan SPSS dari IBM versi 25.0. Hasil dari
analisis data tersebut didapatkan adanya hubungan yang sangat signifikan
antara dukungan sosial orang tua dan kepercayaan diri dengan prestasi
belajar, dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,442 dengan taraf
signifikansi (p) sebesar 0,000 (p<0 r=0,431>0,01) yang artinya ada
hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial orang tua
dengan prestasi belajar. Pada analisis hubungan antara kepercayaan diri
dengan prestasi belajar diperoleh r=0,268 dengan taraf signifikansi sebesar
0,002 (p<0,05) yang artinya ada hubungan positif yang signifikan antara
kepercayaan diri dengan prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara
dukungan sosial orang tua dan kepercayaan diri dengan prestasi belajar.
Sumbangan efektif yang diberikan variabel dukungan sosial orang tua dan
kepercayaan diri terhadap prestasi belajar sebesar 19,5%, dengan
kontribusi variabel dukungan sosial orang tua lebih tinggi yaitu sebesar
16,6% sedangkan variabel kepercayaan diri sebesar 2,9%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Dukungan sosial orang tua, kepercayaan diri, prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 25 May 2024 03:04 |
Last Modified: | 25 May 2024 03:04 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63647 |
Actions (login required)
View Item |