Azzahraani, Fakhrun Nisaa (2024) Penerapan metode Multimedia Development Life Style (MDLC) pada media pembelajaran pengenalan aksara Jawa berbasis android. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000018399_JUDUL__240523121347.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000018399_BAB_I__240523121347.pdf Download (918kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000018399_BAB_II__240523121347.pdf Restricted to Registered users only Download (999kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000018399_BAB_III__240523121347.pdf Restricted to Registered users only Download (885kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000018399_BAB_IV__240523121347.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000018399_BAB_V__240523121347.pdf Restricted to Registered users only Download (753kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000018399_DAFTAR_PUSTAKA__240523121347.pdf Download (630kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000018399_LAMPIRAN__240523121347.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pentingnya pemeliharaan dan pengembangan aksara Jawa tertuang dalam Perda DIY No. 2 Tahun 2021. Salah satu langkah yang ditempuh yaitu melalui pengajaran pada semua jalur, jenjang, dan jenis Pendidikan, termasuk Taman Kanak-Kanak. Aksara Jawa menjadi komponen budaya yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi untuk dipelajari bagi siswa. Di TK ‘Aisiyah Bustanul Athfal Dlingo, pendekatan pembelajaran dilakukan dengan mengajak siswa untuk mengeja setiap huruf aksara Jawa yang tercetak pada selembar kertas, menulis pada drawing tablet, dan bermain tebak kata berawalan huruf aksara Jawa. Meskipun demikian, kesulitan muncul ketika siswa harus mengingat huruf-huruf yang telah diajarkan sebelumnya. Terlebih, saat ini proses pengenalan aksara Jawa hanya dilakukan di Sekolah.
Penelitian ini mengadaptasi metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Selain itu, penelitian ini mengimplementasikan metode pembelajaran demonstrasi dalam aplikasi yang dikembangkan. Dimulai dengan tahap concept (pengumpulan data, analisis kebutuhan), design (pembuatan use case diagram, activity diagram, dan desain interface), assembly (pembuatan model dan implementasi kode), testing (pengujian akurasi model, uji blackbox, validasi oleh ahli, dan pengujian ketergunaan), dan distribution yang dilakukan melalui Google Forms dan Google Drive.
Penelitian ini menghasilkan Media Pembelajaran Aksara Jawa berbasis Android yang bertujuan untuk mendukung pengenalan aksara Jawa pada siswa Taman Kanak-Kanak. Pengembangan aplikasi dilakukan menggunakan Android Studio dengan bahasa Kotlin, serta menerapkan model pengenalan tulisan tangan. Pengujian akurasi model menghasilkan angka 0.98. Dalam pengujian black box, tidak ditemukan adanya bug dalam aplikasi. Validasi oleh ahli media menunjukkan bahwa aplikasi ini valid dan sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan, sementara validasi oleh ahli materi menegaskan bahwa materi yang disajikan dalam aplikasi sesuai dengan pedoman. Pengujian usability dilakukan menggunakan UEQ kepada 5 responden siswa TK dan 21 responden Guru TK, dengan hasil bahwa aplikasi memenuhi 6 variabel aspek.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Aksara jawa, android, MDLC, media pembelajaran, metode demonstrasi, taman kanak-kanak |
Subjects: | K Law > K Law (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 25 May 2024 01:28 |
Last Modified: | 25 May 2024 01:28 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63669 |
Actions (login required)
View Item |