Fadli, Ahmad (2024) Studi kasus pelaku bullying teman sebaya pada siswa kelas XII SMA N 1 Lendah. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800001008_JUDUL__240328115555.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800001008_BAB_I__240328115555.pdf Download (128kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800001008_BAB_II__240328115555.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800001008_BAB_III__240328115555.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800001008_BAB_IV__240328115555.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800001008_BAB_V__240328115555.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800001008_DAFTAR_PUSTAKA__240328115555.pdf Download (181kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1800001008_LAMPIRAN__240328115555.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kasus bullying verbal terjadi pada siswa kelas XI di SMAN 1 Lendah pada saat di
dalam kelas maupun di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
gambaran prilaku bullying, untuk mengetahui penyebab prilaku bullying,untuk
mengetahui dampak dari bullying teman sebaya dan untuk mengetahui usaha yang
dilakukan guru untuk mengatasi bullying.
Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kalitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa
kelas XI, 1 guru, siswa kelas XI. Penentuan subjek menggunakan purposive
sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan
wawancara. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Sedangkan
untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber.
Hasil penilitian menunjukan bahwa: (1) Pelaku melakukan tindak perilaku bullying
verbal dengan cara mengolok-olok, mengejek, mempermalukan, memberi nama
panggilan, (2) Tindakan prilaku bullying pada teman sebaya disekolah SMAN 1
Lendah ditemukan bahwa ada keterkaitan/ kesinambungan dari pergaulan teman
sebaya di sekolah, dilihat dari hasil wawancara dan observasi bahwasanya para
pelaku bullying mengaku mereka kebanyakan hanya ikut ikutan teman saja karena
mereka bergaul dengan teman yang suka mengolok olok di sekolah. (3) Perilaku
bullying verbal yang dilakukan pelaku memiliki dampak buruk terhadap
kepercayaan diri korban, ditandai bahwa korban menangis, takut masuk sekolah,
mudah putus asa, ragu-ragu, semangatnya menurun, tidak dapat mengumpulkan
tugas dengan tepat waktu, mudah menyerah, dan putus asa (4) Pihak sekolah dan
guru BK dalam menangani kasus bullying verbal dengan memanggil pelaku dan
korban ke kantor, pelaku diberikan arahan dan korban di berikan motivasi agar
kepercaan diri korban tidak menurun. Sehingga dapat dsimpulkan bahwasanya ada
prilaku bullying verbal teman sebaya yang dilakukan didalam kelas maupun diluar
kelas dan menyebabakan dampak buruk bagi korban serta pihak sekolah dan guru
BK bekerjasama dalam menangani bullying.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Bullying verbal, kepercayaan diri, teman sebaya |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism L Education > L Education (General) L Education > LD Individual institutions (United States) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus3 userperpus3 |
Date Deposited: | 31 May 2024 04:24 |
Last Modified: | 31 May 2024 04:24 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63746 |
Actions (login required)
View Item |