Prinurida, Amalia (2024) Pengembangan media POP-UP Book berbasis etnomatematika materi bangun ruang kelas IV SD Muhammadiyah Ngijon 1. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005007_JUDUL__240608123647.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005007_BAB_I__240608123647.pdf Download (235kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005007_BAB_II__240608123647.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005007_BAB_III__240608123647.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005007_BAB_IV__240608123647.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005007_BAB_V__240608123647.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005007_DAFTAR_PUSTAKA__240608123647.pdf Download (170kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005007_LAMPIRAN__240608123647.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005007_NASKAH_PUBLIKASI__240608123648.pdf Download (516kB) |
Abstract
Prinurida, Amalia. 2024. “Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Etnomatematika Materi Bangun Ruang kelas IV SD Muhammadiyah Ngijon 1”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi karena pembelajaran di kelas masih menerapkan metode pembelajaran berupa ceramah dan belum menggunakan media yang sesuai, sehingga masih menempatkan guru sebagai pusat pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan oleh peneliti belum pernah ada atau dipakai di sekolah tersebut sehingga kehadirannya sangat dibutuhkan oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan kelayakan pengembangan media Pop-Up Book berbasis Etnomatematika pada materi bangun ruang untuk peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Ngijon 1.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Research and Development (R&D) merupakan metode penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan serta menguji produk yang akan dikembangkan di dalam dunia pendidikan. Adapun model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan yang dikembangkan oleh Dick and Carry yaitu model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba yang digunakan adalah 15 peserta didik kelas dan guru kelas IV B SD Muhammadiyah Ngijon 1. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan angket. Analisis data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Adapun data kualitatif dilakukan dalam bentuk saran, komentar, tanggapan, dan rekomendasi yang diberikan oleh para ahli, guru, dan peserta didik. Sedangkan data kuantitatif dapat dilakukan dengan hasil skor penilaian instrumen pada lembar penilaian yang didapat dari penilaian ahli, guru, dan peserta didik.
Hasil penelitian ini berupa Pop-Up Book berbasis Etnomatematika materi bangun ruang kelas IV B SD. Penilaian dari ahli media memperoleh nilai 83 ”Sangat Layak”, penilaian ahli materi memperoleh nilai 84,6 ”Sangat Layak”, sedangkan penilaian ahli pembelajaran memperoleh nilai 81,6 ”Sangat Layak”. Selain itu hasil angket penilaian guru memperoleh nilai 97,5 “Sangat Layak”, serta respon dari peserta didik memperoleh nilai 96,9 “Sangat Layak”. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media Pop-Up Book berbasis Etnomatematika materi bangun ruang kelas IV SD layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar.
Kata Kunci : Pop-Up Book, Etnomatematika, Bangun Ruang, SD Kelas 4.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pop-Up Book, etnomatematika, bangun ruang, SD Kelas 4 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus3 userperpus3 |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 06:50 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 06:50 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64008 |
Actions (login required)
View Item |