MODEL EXPLICIT INSTRUCTION: STRATEGI EFEKTIF UNTUK PRESTASI PRAKTIK SISWA SMK OTOMOTIF

Syamsuddin, Arief and Sudarsono, Bambang (2024) MODEL EXPLICIT INSTRUCTION: STRATEGI EFEKTIF UNTUK PRESTASI PRAKTIK SISWA SMK OTOMOTIF. [Artikel Dosen]

[thumbnail of 5. MODEL EXPLICIT INSTRUCTION STRATEGI EFEKTIF UNTUK PRESTASI PRAKTIK SISWA SMKOTOMOTIF.pdf] Text
5. MODEL EXPLICIT INSTRUCTION STRATEGI EFEKTIF UNTUK PRESTASI PRAKTIK SISWA SMKOTOMOTIF.pdf - Published Version

Download (326kB)
[thumbnail of hasil cek plagiasi MODEL EXPLICIT INSTRUCTION STRATEGI EFEKTIF UNTUK PRESTASI PRAKTIK SISWA SMKOTOMOTIF.pdf] Text
hasil cek plagiasi MODEL EXPLICIT INSTRUCTION STRATEGI EFEKTIF UNTUK PRESTASI PRAKTIK SISWA SMKOTOMOTIF.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keterampilan praktik memainkan peran krusial dalam mempersiapkan
lulusan SMK menghadapi tantangan di dunia kerja. Untuk meningkatkan
prestasi belajar dalam keterampilan praktik, diperlukan strategi
pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi
penerapan model pembelajaran Explicit Instruction pada siswa SMK
jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), dengan fokus pada peningkatan
prestasi praktik siswa. Melalui metode penelitian tindakan kelas, 25 siswa
dari SMK Muhammadiyah 1 Pakem yang mengambil jurusan teknik
otomotif menjadi subjek penelitian. Data dikumpulkan menggunakan
lembar kinerja praktik yang diverifikasi oleh industri. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa model pembelajaran Explicit Instruction dapat
diimplementasikan secara efektif oleh siswa, dengan terjadi peningkatan
signifikan dalam rata-rata skor kompetensi keterampilan praktik setiap kali
siklus penelitian dilakukan. Aspek persiapan kerja meningkat dari 1,4 di
siklus pertama menjadi 2,3 di siklus kedua dan 3,8 di siklus ketiga.
Sementara itu, aspek kompetensi pengetahuan kerja meningkat dari 1,6 di
siklus pertama menjadi 2,2 di siklus kedua dan 3,4 di siklus ketiga. Aspek
kompetensi keterampilan kerja juga mengalami peningkatan dari 1,5 di
siklus pertama menjadi 1,8 di siklus kedua dan 3,2 di siklus ketiga.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Vokasional Teknologi Otomatif
Depositing User: MPd arief syamsuddin
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:47
Last Modified: 20 Jun 2024 02:47
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64351

Actions (login required)

View Item View Item